Sukses

VIDEO: Warga Lamongan Sulap Limbah Besi Tua Jadi Karya Seni

Liputan6.com, Jakarta - Ngatmuin, warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan ini, sehari-hari berprofesi sebagai tukang las. Bengkelnya penuh dengan besi-besi tua sisa garapannya. Melihat banyaknya potongan-potongan besi itulah, menginspirasi dirinya membuat miniatur sepeda dari besi-besi tua yang ia dapati di sekitar rumahnya. Berikut video inspiratifnya pada Fokus, 29 Oktober 2019.

Proses membuat miniatur motor gede, diawali dengan membuat konsep bentuk, kemudian aneka besi bekas yang ada, satu per satu dirangkai, dan dilas hingga membentuk motor yang menyerupai aslinya. Begitu juga dengan membuat miniatur mobil. Plat-plat besi yang tersisa dipotong, hingga membentuk mobil klasik, untuk roda didapat dari klaker bekas.

Untuk proses pengerjaan butuh waktu seminggu hingga 10 hari, tergantung ketersediaan barang dan kerumitan pengerjaannya. Karya-karyanya ini kemudian diunggah di media sosial, sehingga banyak warganet yang tertarik dan membeli.

Satu unit miniatur motor gede dihargai Rp300–500 ribu, sementara miniatur mobil, dihargai Rp500 ribu. Selain diunggah ke media sosial, karya Ngatmuin ini juga dipasarkan di sekitar obyek wisata Gunung Suru yang tak jauh dari rumahnya, di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan.