Sukses

6 Kuliner Gresik yang Unik

Liputan6.com, Jakarta - Gresik, Jawa Timur dikenal sebagai kota industri. Banyak hal menarik yang tersembunyi di kota satu ini. Gresik memiliki sejumlah tujuan wisata eksotis yang bisa dikunjungi. Mulai dari Bukit Jamur hingga Pantai Gili di Pulau Bawean dapat Anda temukan di Gresik.

Selain tempat wisatanya yang menarik, Gresik juga menyimpan banyak makanan khas yang patut dicoba. Beberapa makanan tersebut juga bisa dijadikan oleh-oleh bagi orang tersayang. 

Berikut enam makanan khas Gresik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Rarambutan 

Walau namanya “rarambutan”, makanan ini bukan dibuat dari buah rambutan. Makanan asli Bawean ini memiliki bahan dasar adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. 

Melansir dari Instagram @gresiktourism, makanan ini berbentuk menyerupai jaring yang digulung seperti tabung. Di dalam gulungan tersebut ada gula yang memberi rasa manis. 

Bagi warga Bawean, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ringan ini. Rarambutan adalah camilan khas dari Bawean. 

2. Nasi Gulung

Bila berkunjung ke Gresik, cobalah mampir ke Pasar Sangkapura. Di sana terdapat makanan unik yang disebut dengan Nasi Gulung.

Nasi gulung menyerupai nasi lontong tapi digulung daun pisang. Kemudian nasi tersebut dimakan dengan abon ikan yang sudah disediakan terpisah dengan nasi.

Melansir informasi dari Instagram @kulinergresik, Nasi Gulung terbilang cukup bisa tahan lama. Untuk itu, Nasi Gulung menjadi sangu wajib para nelayan di Bawean.

 

2 dari 4 halaman

Bonggolan

3. Bonggolan 

Jajanan lain dari Gresik adalah Bonggolan. Jajanan ini sekilas terlihat seperti cireng atau aci digoreng. 

Bonggolan berbentuk lonjong seperti lontong, tapi lebih besar. Makanan ini terbuat dari daging ikan yang diolah dengan tepung kanji. Selain itu dicampuri juga bawang putih, garam, dan penyedap rasa. 

Melansir dari disparbud.gresikkab.go.id, Jajanan ini dibungkus menggunakan daun pisang segar. Untuk menikmatinya, gorenglah bonggolan terlebih dahulu, lalu dipotong menjadi beberapa bagian. Padukanlah dengan sambal agar rasa jadi lebih nikmat. 

4. Sego Roomo 

Kuliner khas lain dari Gresik adalah Sego Roomo. Masih melansir dari Awal kuliner ini memang berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar. Oleh karena itu, hidangan ini dinamai Sego Roomo.

Sego Roomo berisi nasi atau lontong, rebusan daun api-api, kremesan kerupuk, koya dan sambal. Daun api-api itu sendiri, diinformasikan banyak ditemukan di tepian laut sekitar Desa Roomo. 

Sego Roomo akan disajikan denga npincukan daun pisang hijau segar. Tak lupa, campuran itu akan disiram dengan bumbu berwarna orange.

3 dari 4 halaman

Nasi Krawu

5. Nasi Krawu

Nasi Krawu menjadi salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Gresik. Selain membuat kenyang, Nasi Krawu juga memberikan cita rasa yang unik.

Nasi Krawu disajikan di atas lembaran daun pisang hijau. Isi dari nasi ini sendiri adalah suwiran daging, babat usus, dan serundeng dua warna. Tak lupa sambal petis juga dipadukan dengan nasi.

6. Nasi Karak

Nasi Karak biasa juga disebut dengan Sego Karak. Hal ini dikarenakan, “Sego” sendiri dalam bahasa Jawa memiliki artian “Nasi”. Sedangkan “Karak” memiliki artian “kering”.

Melansir informasi dari Instagram @gresiktourism, Nasi Karak terdiri dari nasi dan ketan hitam yang sudah ditanak hingga matang. Sajian lain dari masakan ini adalah terdapat parutan kelapa, dan tempe goreng di atas nasi. 

Biasanya Nasi Karak dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Anda juga bisa menambah cabai untuk memberi sensasi pedas saat menyantapnya.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini