VIDEO: Bekas Lahan Jeruk di Kota Batu Diubah Jadi Tempat Wisata Unik

VIDEO: Bekas Lahan Jeruk di Kota Batu Diubah Jadi Tempat Wisata Unik

Sebuah obyek wisata unik hadir di Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Sebuah lahan produktif tanaman jeruk, disulap menjadi taman, berisi puluhan ribu baling-baling atau kitiran yang terbuat dari plastik. Alhasil, destinasi ini menjadi favorit pengunjung yang senang berswafoto.

Wisata Bumi Kitiran, terletak di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Di tempat kota wisata, destinasi ini tergolong baru dan unik. Sekitar 25.000 baling-baling, atau kitiran, dalam bahasa Jawa, terpasang di area ini.

Meski demikian, Wisata Bumi Kitiran ini menarik perhatian para wisatawan. Setiap hari, ratusan orang mengunjungi tempat ini, untuk sekadar berswafoto berlatar belakang baling-baling aneka warna.

Wahana wisata seluas 8.000 meter persegi ini, dulunya merupakan kebun jeruk. Namun, oleh pemilik lahan, yakni Sukaji Widyantoko, lahan jeruk tersebut disulap menjadi wahana wisata. Ide kreatif memasang 25.000 baling-baling aneka warna, menjadi daya tarik tersendiri wahana baru ini.

Alasan Sukaji membabat habis kebun jeruk miliknya karena selama 7 tahun menjadi petani jeruk, dirinya selalu merugi karena harga jeruk yang tidak menentu.

Kini setelah berhasil berubah fungsi menjadi tempat wisata, Sukaji mulai merasakan keuntungan, dibanding menjadi petani jeruk. Demikian diberitakan Liputan6, 30 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 November 2019, 17:00 WIB

Video Terkait

Spotlights