Sukses

Hujan Sudah Mulai Turun di Sejumlah Wilayah Surabaya

Sejumlah wilayah di Surabaya dan sekitarnya sudah turun hujan pada Jumat, (1/11/2019). Hujan sudah turun di sejumlah daerah di Surabaya sejak Kamis, 31 Oktober 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya sudah turun hujan pada Jumat, (1/11/2019). Hujan sudah turun di sejumlah daerah di Surabaya sejak Kamis, 31 Oktober 2019.

"Sempat hujan di Surabaya, Jawa Timur. Tadi siang hujan lokal. Berdasarkan citra radar terpantau berawan,” ujar Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat pekan ini.

Ia menuturkan, melihat citra pada pukul 15.15 WIB terpantau cerah berawan. Potensi hujan akan terjadi di Surabaya bagian utara dan berbatasan dengan Gresik pada sore jelang malam. “Peluang hujan (di wilayah itu-red) tapi kecil,” ujar dia.

Arif menambahkan,  perkiraan cuaca di Surabaya cerah berawan pada Sabtu, 2 November 2019. Berpotensi hujan lokal dengan suhu udara 26-36 derajat celsius. Kecepatan angin sekitar 30 km/jam dan kelembapan sekitar 40-80 persen.

Untuk daerah Jawa Timur berpeluang hujan sedang-lebat antara lain Lamongan, Ngawi, perbatasan Bojonegoro bagian selatan, barat, Pasuruan Kota, Pasuruan bagian barat, dan Situbondo. Sedangkan potensi hujan ringan di Madiun, perbatasan Sampang-Pamekasan, Jember, Pegunungan Ijen, Magetan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BMKG: Suhu Panas di Indonesia Sudah Berakhir

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, gelombang suhu panas di Indonesia sudah berakhir. Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin menjelaskan, perubahan cuaca ekstrem sudah terjadi pada akhir Oktober ini.

"Tadi yang cukup menarik untuk fase saat ini suhu panasnya sudah lewat. Jadi mulai sekarang hingga periode bulan Desember hingga maret potensi cuaca ektream suhu hingga 39 derajat Celcius sudah terlewati," kata Miming di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis, 31 Oktober 2019.

Dia menjelaskan, suhu udara di Indonesia sudah turun. Contohnya di Pulau Jawa, saat ini suhu di wilayah itu berkisar di angka 35-37 derajat Celcius. Terlebih, di sejumlah wilayah di Pulau Jawa sudah mulai diguyur hujan.

"Dalam artian memang di wilayah Jawa, curah hujan, atmosfer, juga tidak terlalu basah. Tapi kondisi suhu masih relatif normal," ungkap Miming saat menjelaskan suhu panas di Indonesia.

Tahun ini, kata Miming, perkiraan musim hujan di Tanah Air mundur dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya di Jakarta.

"Kisaran Oktober sudah mulai banyak hujan tadinya," kata Miming.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.