Sukses

Pemkot Surabaya Gelar Pameran Pendidikan Sekolah Berprestasi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ihsan mengatakan, para peserta pameran merupakan sekolah maupun lembaga pendidikan yang berprestasi.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan menggelar  Pameran Pendidikan “Widya Wahana Pendidikan 2019” di Gedung Balai Pemuda, 1 -3 November 2019.

72 sekolah negeri dan swasta serta lembaga pendidikan mengikuti kegiatan tersebut. Selain pameran, kegiatan lain yang diselenggarakan, meliputi beragam lomba dan pelatihan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ihsan mengatakan, para peserta pameran merupakan sekolah maupun lembaga pendidikan yang berprestasi.

Sekolah yang ambil bagian dalam pameran, merupakan hasil seleksi selama satu tahun. Sejumlah sekolah yang terlibat dalam kegiatan tersebut, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), kemudian Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) hingga mahasiswa.

"Mahasiswa yang merupakan generasi emas Surabaya ikut dalam pameran ini. Di surabaya, ada sekitar 1.800 mahasiswa yang diberi beasiswa oleh Walikota," ucap Ihsan, Jumat (1/11/2019).

Pameran pendidikan dibuka dengan penampilan tari remo empat generasi. Sebutan empat generasi, karena para penari itu terdiri dari siswa TK, SD, SMP dan mahasiswa.

Pembukaan semakin semarak dengan tampilnya sejumlah pelajar yang tergabung dalam Orpes (Organisasi Pelajar Surabaya) saat membawakan beberapa lagu-lagu populer, seperti Mundur Alon-Alon hingga Maumere.

Saat lagu maumere dinyanyikan bersama-sama, Kepala Dinas Kota Surabaya, M. Ihsan maju ke depan menghadap para audiens, berbaur dengan para pelajar SMP untuk berdendang bersama, sembari menari tarian khas asal Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan pelajar, guru dan masyarakat, Ihsan menyatakan, Surabaya merupakan barometer dalam pendidikan nasional. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh para pelajar, baik akademik maupun non akademik.

"Oleh karena itu, banyak tamu dari luar daerah yang melakukan studi banding ke Surabaya," ujar dia.

Melalui pameran yang diikuti sekolah-sekolah berprestasi, ia mengharapkan, bisa memotivasi sekolah lainnya, agar tertantang untuk meraih prestasi.

Dia menuturkan, Dinas Pendidikan memiliki database sekolah-sekolah berprestasi. Namun, dalam kegiatan pameran, disamping diikuti sekolah yang berprestasi, Dinas Pendidikan juga memberi ruang kepada lembaga pendidikan yang mengajukan diri , dengan catatan mengikuti seleksi terlebih dahulu oleh tim penyeleksi.

"Selain pameran, juga ada lomba melukis, mewarnai serta pelatihan-pelatihan untuk masyarakat umum di gedung Marah Putih. Jadi, pengunjung bisa ikut pelatihan setelah melihat-lihat dahulu, seperti pelatihan fotografi vlog, make up, membatik dan lainnya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Positif

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Surabaya, Edwin Darmogo menilai, kegiatan pameran ini sangat bagus. Lantaran, yang terlibat tak hanya sekolah formal, tapi juga nonformal, mulai dari lembaga pendidikan yang menyelenggarakan ketrampilan Bahasa Inggris, kecantikan dan lainnya sesuai dengan bakat dan minat.

"Pameran kali ini lebih baik. Sekolah swasta selalu mengikuti kegiatan ini. Namun, tahun ini, pembagian pesertanya merata, untuk LKP, PKBM, sekolah swasta dan peserta lainnya," terangnya.

Kegiatan pameran pendidikan menampilkan berbagai hasil karya terbaik sekolah. Di stan-stan sekolah, ditampilkan beragam hasil kerajinan, mulai pernik-pernik kerajinan tangan, busana, minuman dan prestasi yang pernah diraih. Pasca pembukaan, sejumlah stan dari berbagai sekolah ramai dikunjungi para siswa, guru dan masyarakat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.