VIDEO: Situs Bersejarah Bekas Tembok Kerajaan Majapahit Ditemukan di Mojokerto

VIDEO: Situs Bersejarah Bekas Tembok Kerajaan Majapahit Ditemukan di Mojokerto

Struktur bangunan berupa tumpukan bata merah kuno yang diyakini sebagai Talud atau dinding penahan tanah ditemukan oleh Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur.

Talud sepanjang 200 meter dengan lebar 1,5 meter, ditemukan saat dilakukan ekskavasi situs Kumitir yang berada di area persawahan Desa Kumitir, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Semula struktur tumpukan bata merah, yang ditemukan pertengahan Juni 2019, diduga pagar pemukiman di masa Kerajaan Majapahit, namun setelah diekskavasi tumpukan bata merah tersebut merupakan talud, sesuai naskah Nagarakretagama dan Pararaton situs ini pun merupakan tempat pendharmaan Narasingamurthi atau Mahesa Cempaka putra dari Ken Arok raja dari Kerajaan Singosari.

Setelah runtuhnya Kerajaan Singosari, Kumitir menjadi bagian dari ibu kota Kerajaan Majapahit di abad ke-13, sehingga talud atau dinding penahan tanah itu diyakini, merupakan batas sisi timur dari Kota Majapahit.

Menurut Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Trowulan, diduga analisis sebagai talud, kemudian di ujung utara dilakukan ekskavasi dan menemukan sudut yang mengarah ke arah barat, total ditarik garis lurus, menemukan struktur bata dengan panjang kurang lebih 200 meter.

Sementara itu, meski diekskavasi namun aktivitas pembuatan bata merah masih terus dilakukan oleh warga di area situs Kumitir. Rencananya BPCB Trowulan kembali mengekskavasi situs Kumitir awal tahun depan.

Berikut video liputannya pada program Fokus, 31 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 November 2019, 07:36 WIB

Video Terkait

Spotlights