VIDEO: Peternak Terancam Gagal Panen Akibat Cuaca Panas di Tuban

VIDEO: Peternak Terancam Gagal Panen Akibat Cuaca Panas di Tuban

Cuaca panas yang melanda Kabupaten Tuban, Jawa Timur, berdampak kepada para peternak ayam broiler. Dalam sebulan terakhir ini, terhitung ratusan ayam broiler mati, karena diduga suhu panas ekstrem akibat kemarau berkepanjangan.

Ratusan ayam broiler yang mati tersebut, milik para peternak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. Kematian ayam broiler dalam kandang ini tergolong banyak, dalam setiap hari, bisa mencapai 25 ekor dalam setiap blok kandang.

Terhitung sejak tebar bibit hingga usia 32 hari, ayam yang mati mencapai 500 ekor lebih. Kematian ratusan ekor ayam tersebut, diduga karena suhu panas ekstrem, akibat kemarau berkepanjangan. Bahkan upaya peternak untuk mendinginkan suasana kandang dengan penyemprotan air dan kipas angin, tak membuahkan hasil.

Akibat banyaknya ayam yang mati, kandang yang berkapasitas 2.500 ekor ayam ini, terancam gagal panen akibat suhu panas yang terjadi setiap hari, selama beberapa bulan terakhir.

Bangkai ayam yang mati, langsung dikuburkan agar tidak membusuk, sehingga menimbulkan penyakit pada ayam yang sehat. Untuk itu, para peternak berharap, pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban, untuk memberikan solusi agar peternak tidak merugi, dan gagal panen. Demikian diberitakan program Fokus, 31 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 November 2019, 13:00 WIB

Video Terkait

Spotlights