Sukses

TNI AL Distribusikan 250 Ton Air Bersih untuk Warga di 3 Pulau

Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih.

Liputan6.com, Surabaya - Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih. Air bersih ini akan didistribusikan untuk masyarakat di Pulau Sapudi, Gili Genting dan Kangean yang alami bencana kekeringan.

"Sesuai perintah Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono  kita telah menyiapkan dan memberangkatkan dua kapal kita untuk membawa bantuan air bersih untuk masyarakat di Pulau Kangean,  Gili Genting dan Sapudi," ujar Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P), Agus Prabowo Adi saat melepas keberangkatan Satuan Tugas Bantuan Bencana Lantamal V di Dermaga G, Koarmada ll,  Ujung Surabaya, Minggu (3/11/2019).

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono mengatakan, dampak musim kemarau panjang pada 2019 telah dirasakan hampir seluruh masyarakat di Indonesia, termasuk di daerah Kangean,  Gili Genting dan Sapudi, Kabupaten Sumenep yang berada di wilayah kerja Lantamal V.

"BMKG memprediksi musim hujan akan dimulai pada awal November ini, namun sampai hari ini hujan baru turun di beberapa wilayah dengan intensitas kecil, sehingga dampaknya masyarakat mengalami masa kekeringan yang panjang," ujar dia.

Satgas Bencana Alam Lantamal V yang ditugaskan mendistribusikan air bersih  ke wilayah ini dipimpin Kapten Laut (P) Syaiful Ali (Pabandyalat Sops Lantamal V)  dengan tim gabungan dari Sintel, Sops, Dissyahal,  Dispotmar, Disbek dan Dispen Lantamal V.

"Satgas Bencana yang akan bertugas mulai 3-8 November ini, diperkirakan tiba Senin besok di Pulau Sapudi sebagai sasaran pertama penyaluran air bersih, setelah itu berlanjut ke Gili Genting dan Kangean," ujar dia.

Danlantamal V menegaskan, Lantamal V sudah jauh-jauh hari menyiapkan Satgas Penanggulangan Bencana yang bisa digerakkan sesuai kebutuhan. Selain itu, memerintahkan staf di jajarannya untuk selalu kerkomunikasi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah kerja Lantamal V untuk langkah langkah penanggulangan bencana.

Ia berharap, melalui bantuan distribusi air bersih,  masyarakat di tiga pulau tersebut bisa terbantu dalam memenuhi air sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Selain itu, musim penghujan diharapkan segera tiba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.