VIDEO: Intip Kegiatan SD Muhammadiyah di Surabaya Peringati Bulan Bahasa

VIDEO: Intip Kegiatan SD Muhammadiyah di Surabaya Peringati Bulan Bahasa

Memperingati bulan Bahasa Indonesia, ratusan siswa-siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya, mengikuti berbagai lomba, dengan menggunakan pakaian adat. Para peserta yang mengikuti lomba ini terlihat serius berlatih membaca di depan ruang kelas mereka. Berikut video liputannya pada Fokus, 1 November 2019.

Keseriusan mereka cukup beralasan, karena mereka hendak mengikuti lomba membaca puisi, berita, pidato, dan yel-yel menggunakan Bahasa Jawa. Namun karena bahasa jawa yang jadi persyaratan lomba, jarang mereka praktekkan dalam keseharian, maka para peserta pun harus serius mempersiapkan diri.

Peserta yang mengikuti lomba dengan membaca puisi dan pidato dalam bahasa daerah Jawa mereka mulai terlihat kesulitan. Mereka tidak lancar dan terbata-bata karena yang harus dibacakan adalah Bahasa Jawa.

Menurut, Mursiah, Wakil Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 11 Surabaya, lomba ini sengaja digelar bagi para pelajar sekolah untuk mengingat, sekaligus memperingati Hari Bahasa Indonesia.

Selain itu, penggunaan bahasa jawa atau bahasa daerah lain, di kalangan anak-anak, yang saat ini sudah jarang dipraktekkan di rumah, dikhawatirkan bisa mengikis budaya bangsa.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 November 2019, 03:00 WIB

Video Terkait

Spotlights