VIDEO: Kawanan Burung Liar Ganggu Aktivitas Penerbangan di Area Bandara Juanda

VIDEO: Kawanan Burung Liar Ganggu Aktivitas Penerbangan di Area Bandara Juanda

Aneka burung liar kembali berdatangan di area Bandara Internasional Juanda, di Sidoarjo, Jawa Timur. Meski tak banyak, burung-burung liar ini berada di sekitar landasan pacu bandara, dan berpotensi mengganggu penerbangan. Petugas bandara pun secara berkala melakukan patroli bird strike, dengan mobil pengusir burung.

Burung liar yang datang di sekitar area Bandara Internasional Juanda ini di antaranya, burung blibis, dan kuntul kerbau. Burung-burung liar ini, datang dan hinggap di area rumput dan kolam air, yang ada di sekitar landasan pacu bandara.

Kehadiran burung-burung liar di area landasan pacu Bandara Juanda ini, tentu membahayakan aktivitas penerbangan. Terkait kondisi ini, pihak Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara Juanda Surabaya kini mengoptimalkan fungsi bird strike, atau tim pengusir burung di sekitar area bandara.

Dengan menggunakan mobil berpengeras suara predator burung, tim pengusir burung, setiap 6 kali sehari keliling sekitar Bandara Internasional Juanda, untuk mengusir burung liar itu. Menurut Humas PT Angkasa Pura 1 Surabaya, Yuristo, saat ini burung-burung tidak terlalu banyak di area bandara, dan biasanya jumlahnya meningkat saat musim hujan.

Tak hanya mengandalkan mobil bird strike untuk menghalau burung-burung, pihak bandara juga memasangkan alat serupa di ujung landasan pacu untuk meminimalisir burung-burung yang datang, dan mengoptimalkan keselamatan penerbangan. Demikian diberitakan program Fokus, 1 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 November 2019, 11:30 WIB

Video Terkait

Spotlights