Sukses

VIDEO: Polda Jatim Ungkap Jaringan Malaysia, Sita Sabu 7 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan sabu asal Malaysia yang dikendalikan kurir dan bandar asal Surabaya, dibongkar Ditreskoba Polda Jawa Timur. Polisi menyita 7 kilogram (kg) sabu, yang dimasukkan dalam kemasan teh China dan diselundupkan melalui jalur laut.

Bandar jaringan ini terpaksa ditembak mati karena nekad menabrak motor anggota, saat berupaya kabur. Ditreskoba Polda Jawa Timur, berhasil membongkar jaringan peredaran sabu asal Malaysia. Polisi mendapatkan barang bukti seberat tujuh kilogram.

Jaringan ini dikendalikan seorang bandar berinisial H (45) dan seorang kurir berinisial GEP (35). Kedua tersangka ini berasal dari Surabaya. Awalnya polisi meringkus tersangka kurir GEP yang membawa sabu satu kilogram, dari hasil pengembangan, tersangka kurir mengaku mendapat sabu dari bandar berinisial H.

Petugas pun langsung memburu H dan berhasil diketahui jejaknya di kawasan Bangkalan madura dnegan membawa sabu 6 kilogram yang dimasukkan ke dalam kemasan teh. Berikut video liputannya pada Fokus, 1 November 2019.

Namun saat akan ditangkap, pelaku justru menabrakkan mobilnya ke motor petugas, hingga akhirnya pelaku ditembak mati.

Dari penyelidikan, diketahui sabu berasal dari Malaysia, yang dikirimkan melalui jalur laut dan darat, menuju Mojokerto, tempat persembunyian tersangka H. Sabu tersebut kerap diedarkan di wilayah Madura dan Mojokerto, saat ini petugas mengembangkan penyidikan di lapangan untuk mengungkap jaringan yang lebih besar.