Sukses

Tawarkan Solusi Hadapi Asap, Tim ITS Surabaya Raih Perunggu di Ajang INIIC Series 2

Prestasi yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat kembali diraih mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Seperti prestasi yang diukir oleh tim mahasiswa ITS bernama Tim CO2 Free Air Device (CFD).

Liputan6.com, Surabaya - Prestasi yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat kembali diraih mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Seperti prestasi yang diukir oleh tim mahasiswa ITS bernama Tim CO2 Free Air Device (CFD).

Tim ITS itu berhasil meraih penghargaan perunggu dalam ajang International Invention and Innovative Competition (INIIC) Series 2 2019 di Palace of The Golden Horses, Selangor, Malaysia, Sabtu, 2 November 2019.

Tim yang diketuai oleh Ferdi Saepulah dan beranggotakan Filo Sofia Kamila Mukmin, Ahmad Imam Fatoni, Hafiz Salam, dan Naufal Allam Gani Atmojo ini mengusung ide terkait berita terkini asap kebakaran hutan yang dihadapi warga Kalimantan dan Sumatera.

Asap kebakaran yang berbahaya bagi kesehatan tersebut menjadi fokus dari tim. Merasa masker yang berada di pasaran kurang efektif dalam menyaring kadar CO2 yang berbahaya, tim CFD tawarkan karya yang solutif dan inovatif. Ferdi mengaku, karya timnya ini berbeda dengan masker biasa yang hanya menahan partikel padatan yang ada di udara.

Padahal, ada juga partikel seperti karbondioksida (CO2) yang berbahaya jika terhirup terlalu banyak oleh manusia, sehingga darah akan sulit untuk mengirimkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. 

Menurut Ferdi, CFD dimunculkan sebagai inovasi alat yang dapat menurunkan kandungan zat CO2 yang menggunakan prinsip pengontakan udara kotor dengan larutan kapur. Kalsium (Ca) akan mengikat dengan CO2 menjadi endapan Kalsium karbonat (CaCO3). "Alat CFD ini efektif menurunkan CO2 hingga 38 persen (satuan ppm),” klaim Ferdi, Senin, 4 November 2019.

Tidak hanya inovatif, lanjut Ferdi, karya timnya ini juga diakui cukup terjangkau dan efektif. Kelebihan utama dari inovasi tim ini ialah low cost with high efficiency. Alat tim ini dibuat dengan mengutamakan pembersihan CO2 dari udara dengan teknik yang bisa dilakukan pada seluruh kondisi.

"Hal ini menuntut agar mudah diproduksi, mudah dipahami teknik penggunaannya, dan bahan dasar mudah ditemukan,” ungkap mahasiswa Teknik Kimia ITS ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Tim

Dengan persiapan yang terbilang cukup singkat tapi matang, yakni 16 September-28 Oktober tim CFD berhasil mengalahkan beberapa saingan dari berbagai negara lain.

Beberapa poin penilaian dapat ditaklukkan dengan manis oleh tim ini, di antaranya inovasi, kreativitas, dan penerapan pada masyarakat serta prospek penjualan ke depannya. Penilaian pun dilakukan secara bertahap dari seleksi abstrak, pengiriman desain alat, hingga presentasi alat.

Keberhasilan tersebut, aku Ferdi, tak luput dari kinerja tim yang maksimal dan pembagian kerja yang efektif. Pemilihan anggota yang berlatar belakang angkatan yang berbeda-beda menjadi salah satu trik. Tim ini memiliki anggota dari angkatan 2019, 2018, hingga 2017.

"Perbedaan tahun angkatan tersebut memiliki poin yang saling melengkapi, setiap angkatan dan umur memiliki perbedaan pengalaman, di mana angkatan baru lebih berpikir kreatif dan angkatan lama lebih berpengalaman menyusun paper dan perakitan alat,” papar mahasiswa kelahiran 1999 itu.

Tim binaan dari dosen Teknik Kimia ITS, Setiyo Gunawan dan Pak Fadlilatul Taufani, ini telah menetapkan target untuk karya CFD ini. Yakni untuk mendapatkan hak paten dari alat dan membuat jurnal ilmiah yang akan dipublikasikan. Pada kompetisi tersebut, tim ini meraih penghargaan untuk kategori University dengan subtema Science, Engineering, and Technology.

Optimis akan perlombaan di tahun selanjutnya, ke depannya tim telah menetapkan tujuan lebih tinggi lagi. “Kami telah menganalisa bagaimana kriteria-kriteria dan cara yang harus dilakukan untuk memperbesar peluang kemenangan mencapai gold medal nantinya,” pungkas mahasiswa angkatan 2019 program RPL tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.