Sukses

Pemprov Jatim Bakal Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya dan Malang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyediakan dua lahan di Surabaya dan Kota Malang untuk pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN). Hal ini guna menampung mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang sedang menempuh pendidikan.

"Kami sudah siapkan lahan, satu di wilayah Siwalankerto di Surabaya dan satunya di Kota Malang," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai menerima tim konsultan perencanaan pembangunan AMN di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin malam, 4 November 2019, mengutip Antara.

Munculnya gagasan membuat AMN dengan latar belakang keprihatinan dan mencari solusi agar kasus bentrokan mahasiswa asal Papua yang tinggal di Asrama Papua di Jalan Kalasan Surabaya dengan masyarakat, tidak terulang kembali.

Dia mengharapkan, dengan ada AMN, mahasiswa dari berbagai daerah di nusantara bisa tinggal dalam satu asrama sehingga mereka bisa saling menghormati kebiasaan serta mengenal budaya sesama anak bangsa.

Khofifah mengaku belum mengetahui secara pasti desain bangunan maupun pembiayaan AMN seluruhnya dari APBN atau tetap ada bantuan dari Pemprov Jatim.

"Namun dalam APBD Jatim 2020, saya sudah menyiapkan anggaran, seperti untuk pembuatan pagar atau lainnya," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Nantinya, kata dia, dilakukan sinkronisasi dengan tim konsultan asrama mahasiswa nusantara (AMN) terkait dengan mana saja yang bisa dibantu Pemprov Jatim.

2 dari 3 halaman

Peletakan Batu Pertama pada Semester II 2020

Salah seorang anggota tim konsultan perencanaan pembangunan AMN, Prof Gumilar Rusliwa Somantri, mengatakan AMN dibangun khusus menjadi asrama mahasiswa terintegrasi, sebab tak hanya kamar, tetapi juga perpustakaan, ruang pembinaan kewirausahaan, hingga pembinaan kebangsaan.

Di AMN, lanjut dia, akan diseleksi mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dan diajak berinteraksi satu sama lain, terutama membangun tradisi multibudaya serta berkomitmen terhadap NKRI.

"Tujuan perekrutan supaya mahasiswa yang menghuni AMN dapat mencerminkan kebhinekaan Indonesia. Mereka yang terpilih rencananya juga memperoleh beasiswa," kata dia.

Pemerintah berencana membangun enam AMN secara bertahap, yaitu dua kota di Jatim (Surabaya dan Malang), Manado, Makassar, Jakarta, serta Yogyakarta. Direncanakan, peletakan batu pertama pembangunan AMN di Jatim dilakukan pada semester kedua 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN
Artikel Selanjutnya
Unusa AFC Bakal Dukung Program One Pesantren One Product Jawa Timur