Sukses

Wakil Wali Kota Fukuoka Undang Risma Hadiri Asia Pacific Cities Summit

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Wali Kota Fukuoka, Jepang, Eiichi Nakamura mengundang Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) untuk menghadiri Asia Pacific Cities Summit 2020. Acara ini digelar dua tahun sekali. Risma pun sudah menghadiri acara tersebut pada 2018.

"Acaranya pada November 2020," kata Eiichi Nakamura kepada Wali Kota Tri Rismaharini, Rabu (6/11/2019).

Selain itu, Eiichi Nakamura juga menawarkan kepada Wali Kota Risma supaya Kota Surabaya menjadi member di Asia Pacific Cities Summit (APCS) ini. APCS ini merupakan suatu organisasi di tingkat Asia Pacific yang salah satunya juga membahas Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bahkan, pada saat itu Eiichi Nakamura juga memperkenalkan Kota Fukuoka melalui video singkat yang diputar dari tab yang dia bawa. Wali Kota Risma dan jajarannya menyaksikan video itu dengan seksama hingga habis.

Pada kesempatan itu, Tri Rismaharini mengucapkan selamat datang di Surabaya dan mengapresiasi sudah berkunjung ke Surabaya serta kembali mengundangnya dalam acara APCS 2020. Namun begitu, ia mengakui pada November itu merupakan Hari Pahlawan yang mana Surabaya selalu banyak acara. "Jadi, saya mohon maaf tidak bisa hadir karena pasti November itu full acara," kata Risma.

Presiden UCLG ASPAC ini juga memastikan, meskipun nanti dirinya tidak bisa hadir ke acara tersebut, tapi akan ada perwakilan dari jajaran Pemkot Surabaya yang akan hadir dalam acara tersebut. "Nanti akan ada staf pemkot yang hadir di acara itu,” ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Bertukar Cinderamata

Di samping itu, Risma juga menyampaikan sudah pernah ke Kota Fukuoka dan sempat diminta untuk berkunjung ke startup yang ada di sana. Di kota itu, memang ada kumpulan startup seperti yang ada di Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, kumpulan atau tempat startup itu ada di Koridor.

"Silahkan kalau mau ke Koridor dulu. Tempatnya startup-startup di Surabaya. Di sana, juga ada Command Center 112," kata dia.

Oleh karena itu, setelah mereka tukar menukar cinderamata, rombongan dari Fukuoka ini beranjak ke Koridor di gedung Siola. Di sana, mereka melihat berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pemkot. Bahkan, ia juga sempat berkomunikasi dengan para pelaku startup yang tengah diskusi di tempat khusus itu.

Lagi-lagi, ia memamerkan profil singkat Kota Fukuoka melalui video yang diputarnya. Tepuk tangan menghiasi heningnya suasana itu. Setelah itu, ia pun beranjak keluar dari gedung Siola.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim