Sukses

12 Wisata Alam Lumajang yang Menakjubkan, Tidak Hanya Bromo

Wisata alam Lumajang yang menakjubkan tidak hanya di Bromo.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Lumajang terkenal dengan pegunungan yang mengelilinginya. Dataran Lumajang diapit oleh gunung-gunung eksotis seperti Semeru, Bromo, dan Lemongan. Oleh karena itu, Lumajang memiliki wisata alam yang sangat menakjubkan.

Mulai dari air terjun, danau, hingga wisata pegunungan bisa kamu dapatkan di daerah ini. Liburan kamu akan sangat lengkap dengan berbagai sajian wisata alam yang ditawarkan oleh Lumajang. Dijamin kamu betah dan nyaman bersantai saat liburan.

Wisata alam Lumajang yang menakjubkan tidak hanya di bromo. Dengan kondisi geografis yang dikelilingi oleh banyak gunung, banyak kekayaan alam tersembunyi di Lumajang yang belum tentu ada di wilayah lain di Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019) tentang wisata alam Lumajang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam Lumajang

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

Perkebunan teh ini bisa Kamu jadikan sebagai tujuan wisata Lumajang. Hamparan hijau perkebunan teh ini menjadi spot wisata Lumajang yang tidak boleh dilewatkan. Kebun teh ini berada di atas ketinggian 650 hingga 1.250 meter dari permukaan laut (mdpl) dengan luas sekitar 931,82 hektar.

Kamu bisa menikmati hamparan ini dengan berjalan kaki. Suasana yang begitu menyegarkan membuat Kamu betah untuk berlama-lama di sekitar perkebunan ini.

Kebun teh ini terletak di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Lumajang. Kamu dapat menempuhnya dari pusat kota Lumajang sekitar 45 kilometer.

Agrowisata Lumajang

Selain sungai dan danau, Kamu juga bisa mengunjungi wisata Lumajang ke agrowisata Ramba’an yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang. Di sini terdapat sebuah agrowisata yang menjadi tempat aneka buah-buahan enak dan unggul.

Di sini Kamu akan menemukan salak pondoh lumut, durian, manggis, kelapa muda, dan lain sebagainya. Selain itu, di bagian timur tempat ini Kamu dapat menggunakan lapangannya untuk kegiatan outbond.

Terdapat rumah pohon, haling rintang, lapangan yang luas dan suasana pinggiran sungai yang masih asli.

Hutan Bambu Lumajang

Tempat wisata Lumajang selanjutnya adalah hutan bambu yang terletak di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro. Tepatnya di 30 kilometer dari kota Lumajang. Hutan bambu ini memiliki luas sekitar 14 hektar. Tenang saja, saat ke sini Kamu tidak akan merasakan angker. Justru Kamu akan merasakan hutan bambu yang elok nan indah.

3 dari 5 halaman

Wisata Danau di Lumajang

Ranu Pakis

Danau ini memiliki ketinggian sekitar 600 meter dengan luas danau mencapai 50 hektar dan memiliki kedalaman sekitar 26 meter. Kedalaman danau ini sekitar 26 meter dan luasnya sekitar 50 hektar. Di sini Kamu akan disajikan pemkamungan gunung Lemongan di belakangnya dan kondisi alam sekitar yang masih alami. Hal ini menjadikan Ranu Pakis mempunyai keistimewaan tersendiri.

Danau Klakah

Wisata Lumajang ini terletak di Desa tegalrandu, Kecamatan Klakah dengan jarak sekitar 20 kilometer dari kota Lumajang. Danau ini berada di ketinggian 900 mdpl, dengan luas 22 hektar dan kedalamannya sekitar 28 meter yang dilatar belakangi dengan gunung Lamongan.

Di sini terdapat beraneka ragam buah-buahan seperti nangka khas Klakah yang dijual di sepanjang jalan raya. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata ini.

Ranu Bedali

Objek wisata Ranu Bedali menjadi salah satu incaran wisatawan untuk melepaskan penat. Di sini Kamu dapat menikmati pemkamungan menghijau di sekitarnya serta menghirup udara segar. Ranu Bedali ini terletak di Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

4 dari 5 halaman

Wisata Air Terjun di Lumajang

Air Terjun Coban Pawon

Air terjun yang satu ini dinamakan Pawon yang berarti dapur. Dinamakan demikian karena airnya masuk ke dalam goa vertikal sehingga mirip tungku perapian yang biasa dipakai memasak di dapur. Konon katanya, percikan airnya dipercaya bisa membantu dan penyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air terjun ini berada di dusun Kertowono, desa Wangkit, kecamatan Gucialit, tepatnya kurang lebih 20 km dari kota Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun paling keren yang ada di Indonesia. Air terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo dan masih satu kecamatan dengan Air Terjun Kabut Pelangi. Air terjun setinggi 180 meter ini dihiasi tumbuhan-tumbuhan hijau yang menempel di dinding tebing yang berwarna kecokelatan.

Air Terjun Kapas Biru

Air terjun menarik yang ada di Lumajang dan wajib untuk dikunjungi adalah air terjun kapas biru. Wisata Lumajang satu ini terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Lokasi air terjun ini masih sejalan dengan air terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes. Jadi, kalau Kamu dari arah Malang, Kamu bisa melewati jalur Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo.

5 dari 5 halaman

Wisata Alam di Bromo

Ranu Kumbolo

Wisata Lumajang yang wajib dikunjungi adalah danau Ranu Kumbolo. Tempet ini sangat terkenal di Lumajang. Danau spektakuler ini terletak di lereng gunung Semeru. Danau ini juga termasuk tempat untuk mengambil air terakhir sebelum akhirnya melanjutkan pendakian menuju puncak Semeru.

Kamu akan disuguhkan pemkamungan di sekitar danau yang benar-benar menakjubkan. Jadi tidak heran kalau banyak wisatawan datang ke sini untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mendirikan tenda di pinggir danau.

Ranu Regulo

Ranu dalam bahasa Indonesia artinya adalah danau. Salah satu danau yang terkanal di Lumajang adalah Ranu Regulo yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau ini agak tersembunyi, letak danau ini tidak jauh dari Ranu Pane.

Kamu bisa sekaligus menikmati pengalaman danau yang berbeda setelah Ranu Kumbolo. Meski ada tiga danau sekaligus yang berada di area gunung Semeru, keindahan ketiga danau ini tentu berbeda dengan kekhasannya masing-masing.

Ranu Pane

Wisata Lumajang ini letaknya tidak jauh dari danau Regulo. Ya, lokasinya pun masih di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di sini Kamu akan disguhkan pemkamungan yang indah dari gunung Semeru yang di bagian bawahnya terdapat kaldera.

Danau dengan air berwarna hijau ini memiliki luas 1 hektar dan menjadi salah satu objek wisata paling populer di Lumajang, terutama bagi para pendaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.