Sukses

Potret Kerja Bakti oleh Bonek hingga Pemkot di Stadion GBT Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Ribuan warga telah memadati area Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yang terletak di Jalan Jawar, Kecamatan Pakal Surabaya, sejak pukul 06.00 WIB, Jumat (8/11/2019).

Mereka merupakan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, TNI, Polri, komunitas, serta supporter sepak bola yang akrab disapa Bonek.

Mereka terlihat baur membaur kerja bakti massal untuk mempercantik stadion yang terletak di wilayah Surabaya Barat itu. Tak hanya bersih-bersih, mereka juga melakukan pengecatan trotoar dan pemotongan rumput di luar Stadion GBT.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Kanti Budiarti mengatakan, kerja bakti massal ini merupakan agenda rutin jajaran Pemkot Surabaya setiap hari Jum'at pagi. Namun, untuk di wilayah Surabaya Barat, kerja bakti dipusatkan di area Stadion GBT.

"Jumlah personil sekitar seribu orang, mereka terdiri dari beberapa OPD, kecamatan, kelurahan, TNI dan Polri," kata Kanti saat ditemui di sela kegiatan kerja bakti di Stadion GBT.

Berikut potret kegiatan kerja bakti yang dilakukan untuk mempercantik Stadion GBT Surabaya:

2 dari 7 halaman

Kerja Bakti Terbagi Menjadi Tiga Titik Zona

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Kanti Budiarti menuturkan, kerja bakti di area Stadion GBT, terbagi menjadi tiga titik zona. Kegiatannya yakni, melakukan pengecatan trotoar, penyapuan jalan depan GBT serta pemotongan rumput.

"Selain di wilayah (Surabaya) barat, kita tetap melakukan kerja bakti di lokasi yang lainnya, Surabaya utara, selatan dan timur. Yaitu dikonsentrasikan untuk pembersihan saluran dan sungai dalam rangka mengantisipasi datangnya musim hujan," ujar dia.

3 dari 7 halaman

Bonek Mania Ikut Kerja Bakti di Stadion GBT

Menariknya, dalam giat kerja bakti massal yang berada di Stadion GBT ini, juga diikuti oleh supporter sepak bola yang akrab disapa Bonek. Menurut Kanti, supporter sepak bola ini juga antusias mengikuti kerja bakti. Hal ini sebagai bentuk dukungan dan kecintaan terhadap Stadion GBT yang ditunjuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang

"Untuk Bonek ini tentunya ikut berpartisipasi pengecatan dalam rangka menyambut Piala Dunia U20. Kita melakukan pembersihan dalam rangka kesiapan," ujar dia.

4 dari 7 halaman

Bonek Apresiasi Kegiatan Kerja Bakti di Stadion GBT

Salah seorang tokoh Bonek Cak Cong mengatakan, pihaknya bersyukur karena semua pihak berkumpul menjadi satu demi menjadikan stadion GBT semakin bagus, bahkan sesuai standar FIFA. Apalagi, Bonek juga dilibatkan dalam pembenahannya.

"Kami yang selama ini ibaratnya penghuni setia GBT tentu punya banyak masukan berharga terhadap kandang tercinta kami ini," kata Cak Cong yang mengajak elemen Bonek lain untuk datang ke GBT, demikian mengutip Antara.

5 dari 7 halaman

Perbaikan Stadion GBT Bakal Jadikan GBT Berstandar Internasional

Presiden Persebaya Azrul Ananda mengapresiasi inisiatif Pemkot Surabaya untuk melakukan kerja bakti di GBT, apalagi acara tersebut juga menggandeng Bonek Mania. "Sering-sering kerja bakti di sini ya, mas Eri (Kepala Bappeko Surabaya). Biar stadionnya semakin bagus," kata Azrul.

Azrul mengatakan, agenda perbaikan stadion untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 akan menjadikan GBT sebagai stadion berstandar internasional. "GBT akan naik kelas. Berarti timnya, penontonnya, dan semua yang ada di dalamnya juga harus naik levelnya," kata Azrul, dilansir Antara.

6 dari 7 halaman

Kegiatan Kerja Bakti Bakal Kembali Digelar

Ke depan agenda kerja bakti massal ini juga bakal kembali digelar. Khususnya, di area Stadion GBT. Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Surabaya dalam rangka menyambut persiapan Piala Dunia U-20.

"Nanti kita komunikasikan dengan yang lainnya, sekiranya kalau ini perlu kelanjutan dan pembersihan, kita agendakan untuk jadwal selanjutnya kerja bakti bersama-sama," ujar Kanti.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukit Kapur Sekapuk Gresik, Eksotis dan Mirip Bangunan Yunani
Artikel Selanjutnya
Guru Besar Unair Ungkap Manfaat Buah Delima Jadi Obat Herbal