Sukses

6 Momen Kemeriahan Parade Surabaya Juang 2019, Penuh Rasa Nasionalisme

Parade Surabaya Juang merupakan rangkaian akhir kegiatan memperingati Hari Pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan November menjadi momen spesial bagi Kota Surabaya. Bulan ini, Kota Surabaya memperingati Hari Pahlawan, dengan berbagai perayaan untuk mengenang para pahlawan dalam Perang Surabaya. Salah satu perayaan ikonik yang ada di Kota Pahlawan ini adalah Parade Surabaya Juang.

Parade Surabaya Juang merupakan rangkaian akhir kegiatan memperingati Hari Pahlawan sebelum dipuncaki upacara tanggal 10 November 2019. Rangkain kegiatan itu sebelumnya diawali dengan teatrikal perobekan bendera di Hotel Yamato pada 19 September lalu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kembali menggelar Parade Surabaya Juang ke-21 pada Sabtu (9/11/2019). Acara yang rutin digelar tersebut untuk memperingati Hari Pahlawan.

Tahun ini, Pemkot Surabaya mengambil tema ‘Wira Bangsa’ atau pahlawan bangsa untuk Parade Surabaya Juang 2019. Tujuan utama kegiatan ini adalah ingin mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan, kepahlawanan, dan semangat juang untuk generasi muda.

Berikut 6 kemeriahan Parade Surabaya Juang 2019 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Parade Surabaya Juang ini juga dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Risma nampak hadir dengan kendaraan militer menuju lokasi parade.

3 dari 7 halaman

2. Acara yang rutin digelar dalam memperingati Hari Pahlawan ini juga diikuti sekitar 3.000 peserta.

4 dari 7 halaman

3. Kegiatan Parade Juang ini dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga selesai. Parade juang ini dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul.

5 dari 7 halaman

4. Acara ini semakin meriah dengan beberapa atraksi teatrikal antara lain Resolusi Jihad, teatrikal Pidato Bung Tomo, Perang Heroik Madun dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

5. Kemudian di Hotel Majapahit ada pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya dan pembacaan puisi Surabaya karya KH. Mustofa Bisri oleh Tri Rismaharini.

7 dari 7 halaman

6. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sebanyak 2.704 petugas gabungan dari Satpol PP, Linmas, Dishub dan kepolisian disiapkan demi kesuksesan acara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini