Sukses

5 Wisata Tawarkan Keindahan Alam Bojonegoro

Liputan6.com, Jakarta - Bojonogoro, Jawa Timur dilanda hujan angin yang disertai es. Hujan ini terjadi pada Sabtu 9 November 2019. Hujan angin tersebut terjadi di beberapa bagian Bojonegoro seperti di bagian barat, Desa Banjarsari atau tengah kota di Ledok Kulon, Jalan Gajah Mada. Hujan ini turun pada sore hari, sekitar pukul 17:00 WIB. 

Bicara tentang Bojonegoro, di sana terdapat banyak tempat wisata alam yang indah. Selain memberikan pemandangan yang cantik, terdapat pula wisata di Bojonegoro yang unik dan tidak banyak ditemukan di tempat lain. 

Berikut lima wisata alam di Bojonegoro yang Liputan6.com rangkum dari wisatabojonegoro.com dan berbagai sumber lainnya:

1. Waduk Pacal

Waduk Pacal merupakan bangunan peninggalan Belanda. Waduk ini sudah dibangun sejak tahun 1933. Waduk Pacal dibangun untuk mengairi pertanian di wialayan sekitar. 

Nilai wisata yang terkandung dari waduk ini terletak dari keindahan alamnya. Pemandangan bentangan air luas dapat Anda nikmati di waduk ini. Terdapat pula peahu yang disewakan di lokasi tersebut untuk mengelilingi waduk tersebut. 

Selain berkeliling, pengunjung juga diperbolehkan memancing di waduk ini. Suasana alam rindang dari waduk ini membuat Waduk Pacal dapat dijadikan pula sebagai lokasi piknik. 

2. Kedung Maor

Bagi yang gemar menikmati wisata air terjun, wisata Bojonegoro yang cocok dikunjungi adalah Kedung Maor. Kedung Maor merupakan air terjun yang berasal dari aliran Kali Soko dan limpahan dari Waduk Pacal.

Nama "Kedung Maor" diambil dari suara deru air yang terdengar di sana. Suara deru air yang meraung seperti suara hewan buas membuat warga sekitar menyebutnya dengan “Kedung Maor”.

Kedung Maor memberikan keindahan alam dari kedung air yang segar dan sejuk. Suara deru air di sini dapat menjadi sarana untuk menghilangkan penat.

2 dari 3 halaman

Negeri Atas Angin

3. Negeri Atas Angin

Seperti namanya, wisata ini menawarkan pemandangan layaknya Anda berada di negeri atas angin. Berlokasi di Desa Seling, Kecamatan Sekar, ada banyak spot-spot indah yang memanjakan mata. 

Di sana, Anda bisa menikmati pesona alam Bojonegoro dari dataran tinggi. Selain itu, Anda juga mendapat pengalaman menaiki bukit cinta di lokasi wisata tersebut. 

Sepanjang perjalanan menusuri bukit tersebut, akan terdapat banyak keindahan alam yang bisa Anda nikmati. Anda bisa mengunjungi lokasi ini saat matahari hendak terbit agar mendapat pemandangan yang lebih indah. 

4. Kayangan Api

Kayangan Api adalah fenomena geologi berupa gas alam yang keluar dari tanah melalui zona lemah atau rekahan. Dari fenomena tersebut api di Kayangan Api tersebut tidak pernah padam. Hingga akhirnya tempat wisata ini disebut juga dengan “Sumber Api Abadi”.

Kayangan Api terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Fenomena alam yang unik dari Kayangan Api ini membuat banyak wisatawan ingin mengunjungi. 

Selain itu, letaknya yang ada di tengah hutan juga membuat Kayangan Api memiliki nilai lebih di mata wisatawan. Kayangan Api berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Bojonegoro, atau sekitar 30 menit perjalanan. 

5. Watu Gandul

Berada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terdapat lokasi wisata bernama Watu Gandul. Jaraknya hanya sekitar 90 menit perjalanan dari pusat kota. 

Keunikan dari Watu Gandul adalah banyaknya tumpukan batu berukuran besar. Batu-batu ini tersusun dengan rapi secara alami.  Kawasan Watu Gandul ada di area perbukitan. Untuk itu, selain pemandangan tumpukan batu, Anda juga bisa menikmati keindahan Bojonegoro dari ketinggian. 

 

Kezia Priscilla – Mahasiswa UMN

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini