Sukses

Jurus Dewan Kesenian Situbondo Populerkan Lagu Daerah

Ketua Dewan Kesenian Situbondo, Edy Supriyono optimistis lagu-lagu khas "Situbondoan" ciptaan seniman dan budayawan akan populer jika terus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kesenian (DKS) Situbondo, Jawa Timur, Edy Supriyono optimistis lagu-lagu khas "Situbondoan" ciptaan seniman dan budayawan akan populer jika terus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

"Untuk memopulerkan lagu-lagu khas Situbondoan yang merupakan ciptaan seniman Situbondo, kami juga telah bekerja sama dengan youtubers dan komunitas lainnya," kata Edy Supriyono usai acara penyerahan hadiah lomba cipta lagu Situbondoan di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin, 11 November 2019.

Oleh karena itu, menurut ia, untuk memopulerkan lagu khas Situbondo yang menggunakan bahasa Madura, DKS mengajak seluruh elemen masyarakat Situbondo turut memberikan dukungan, salah satunya dengan mengunggah lagu-lagu itu di sosial media, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, DKS akan terus berjuang demi karya-karya seni Situbondo dan juga terus mencari format lagu-lagu yang mencerminkan kekhasan Situbondo.

"Seniman Situbondo pernah merajai untuk pencipta lagu Madura pada tahun 90-an. Oleh karena itu, kejayaan itu kami kembalikan dengan dalam lomba cipta lagu Situbondoan, sekaligus mencari identitas lagu Situbondo," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DKS Harus Semakin Aktif

Keberadaan DKS untuk penanganan kesenian dan kebudayaan, kata dia, harus semakin aktif berkomunikasi, sehingga karya-karya seniman Situbondo mendapat apresiasi dari pemerintah dalam bidang seni dan budaya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengapresiasi langkah yang dilakukan DKS dalam menggali potensi seni budaya Situbondo.

"Kabupaten maju tanpa seni dan budaya, karya-karya seniman dan budayawan akan terasa hambar," kata Dadang.

Ia menilai seniman dan budayawan Situbondo mampu menunjukkan karya-karya terbaiknya di hadapan publik.

"Kami minta seniman dan budayawan Situbondo mau merangkul komunitas-komunitas lainnya, guna memopulerkan lagu Situbondoan melalui sosial media dan sebagainya," ujarnya.

Selain penyerahan hadiah kepada pemenang lomba cipta lagu khas Situbondo, Dewan Kesenian Situbondo juga menggelar dialog interaktif dan penghargaan kepada perumus baju khas Situbondo serta perumus dan penggarap Tari Landhung khas Situbondo.

Dalam kegiatan dialog interaktif itu, Dewan Kesenian Situbondo melibatkan tokoh-tokoh senior dalam bidang kesenian yang dinilai mampu memopulerkan seni dan budaya Situbondo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.