Sukses

Khasiat Buah-Buah Langka yang Tumbuh di Halaman Gedung Grahadi Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Surabaya menyimpan banyak bangunan bernilai cagar budaya. Salah satu gedung yang ditetapkan sebagai cagar budaya adalah Gedung Grahadi. Gedung ini ada di Jalan Gubernur Suryo Nomor 7, Surabaya, Jawa Timur.

Melansir informasi dari situs website situsbudaya.id, nama "Grahadi” diambil dari bahasa Sansekerta. "Graha" memiliki arti rumah dan “Adi” bermakna derajat tinggi. Untuk itu gedung ini memiliki arti rumah yang derajatnya tinggi.

Gedung yang terdiri dua lantai berdiri di lahan luas 1,6 hektar di Surabaya. Di bagian teras gedung utama dapat terlihat sejumlah meja dan kursi, serta lampu bergaya klasik yang bergantungan. 

Ternyata, di gedung yang berarsitektur Oud Holland Stijl itu tumbuh buah-buahan yang jarang ditemui. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagram resminya @khofifah.ip mengunggah beberapa buah yang ada di gedung tersebut.

Hingga berita ini dibuat pada 12 November 2019, Khofifah sudah menyampaikan tiga buah yang ada di Gedung Grahadi melalui unggahannya. Berikut Liputan6.com uraikan:

2 dari 4 halaman

Buah Juwet

1. Juwet atau Jamblang Putih

Dalam unggahannya, Khofifah menyampaikan telah ada pohon jamblang putih di Gedung Grahadi. Pohon tersebut terletak di halaman belakang gedung.

Khofifah mengatakan, telah ada tiga pohon jamblang putih di sana. Buah jamblang dikenal juga dengan sebutan juwet. Buah ini memiliki nama latin Syzygium cumini

Buah jamblang atau juwet ini memiliki rasa yang manis. Buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah jamblang yang dilansir dari Merdeka.com: 

- Mencegah Penyakit Jantung

Buah jamblang mengandung asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, dan anthocyanidins yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa itu dapat berfungsi untuk mencegah oksidasi kolesterol dan formasi plak yang memicu penyakit jantung.  

Selain itu, buah ini juga mengandung 55 mg kalium. Kandungan itu dapat mencegah hipertensi yang juga merupakan pemicu penyakit jantung.

- Meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang 

Dalam buah juwet terkandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C. Dari kandungan tersebut, buah juwet dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang bagi yang mengonsumsinya.

- Melancarkan Pencernaan

Tak hanya dari buahnya, daun pohon ini pun memiliki khasiat. Dalam dunia pengobatan tradisional, daun pohon jamblang digunakan untuk mengobati diare dan maag.

Tak hanya itu, daun dari pohon ini juga memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut.

3 dari 4 halaman

Buah Mentega

2. Buah Mentega 

Selain Pohon Jamblang Putih, di halaman belakang Gedung Negara Grahadi juga terdapat tiga Pohon Mentega. Buah mentega juga biasa disebut dengan buah bisbul. 

Bila Pohon Mentega sedang berbuah akan terlihat buah yang berwarna merah merona layaknya apel. Buah ini berasal dari Filipina dan masih berkerabat dengan kesemek. 

Buah mentega juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Berikut uraian khasiat buah mentega, melansir dari Merdeka.com: 

- Mempengaruhi Kesehatan Pencernaan

Buah mentega memiliki kandungan serat yang dapat membantu meningkatkan proses pencernaan. Untuk itu, serat tersebut juga dapat mengurangi risiko sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Di Filipina sendiri, buah bisbul suka dipakai untuk menyembuhkan disentri dan diare. 

- Menjaga Sirkulasi Darah 

Bisbul memiliki kandungan zat besi yang berlimpah. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Zat besi juga dapat mempengaruhi tingkatan oksigenasi jaringan penting dalam kelompok otot, merangsang pertumbuhan rambut, mempercepat proses penyembuhan sel-sel, dan meningkatkan efisiensi metabolisme.

- Meningkatkan kesehatan pernapasan

Di negara asalnya, buah ini biasa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan seperti batuk, sesak di dada, dan asma. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam Buah Bisbul.

Selain itu Khofifah juga menyertakan beberapa manfaat lain dari Buah Mentega dalam unggahannya.

“Buah mentega mengandung banyak kalium yang dapat membantu meregangkan pembuluh darah, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah; menjaga sirkulasi darah; pencernaan; meningkatkan kesehatan pernapasan dan sistem kekebalan tubuh,” tulis Khofifah.

4 dari 4 halaman

Nangkadak

3. Nangkadak

Buah lain yang dapat ditemukan di Gedung Grahadi adalah Nangkadak. Nangkadak merupakan merupakan hasil persilangan antara nangka dan cempedak. Sudah ada lima Pohon Nangkadak di halaman belakang gedung cagar budaya ini. 

Pohon ini memiliki tekstur daun seperti pohon nangka. Buahnya tak sebesar nangka, dan bentuknya lebih lonjong. 

Seperti sebelumnya, buah ini juga memiliki banyak khasiat untuk yang mengonsumsinya. Berikut uraiannya: 

- Melancarkan pencernaan

Baik nangka atau cempedak, keduanya memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Sifat anti-ulkus dalam nangka dapat membantu mencegah maag dan kesulitan pencernaan.

Mengonsumsi buah ini secara teratur dan jumlah yang cukup dapat mengatasi permasalahan pencernaan. Bagi yang menderita sembelit, nangka dapat menghaluskan gerakan usus.

- Mencegah kerutan

Bagi yang sedang memperhatikan perawatan wajah, buah nangka atau pun cempedak dapat dijadikan salah satu alternatif. Biji dari buah nangka dapat dimanfaatkan untuk mencegah keriput.

Biji nangka harus digiling dan ditambahkan madu serta susu untuk mengurangi keriput. Sedangkan cempedak, cukup dengan mengonsumsi buahnya dapat mengatasi permasalahan kulit wajah.

- Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Nangka mengandung viamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu nangka juga mampu melindungi mata dari sinar berbahaya seperti UV. Buah nangka juga tercatat dapat mencegah penyakit katarak.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kafe di Surabaya Tawarkan Nikmatnya Kopi Sambil Baca Buku
Artikel Selanjutnya
Ingat, Perhatikan Barang Bawaan Ini Saat Naik Pesawat