Sukses

BMKG: Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Sebagian Jatim

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperingatkan jika sebagian wilayah kabupaten kota di Jatim berpotensi terjadi hujan deras disertai angin kencang pada sore dan malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, memperingatkan jika sebagian wilayah kabupaten kota di Jatim berpotensi terjadi hujan deras disertai angin kencang pada sore dan malam hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, jika potensi hujan deras itu juga dibarengi dengan potensi angin kencang yang bisa terjadi secara cepat.

"Peringatan dini kami keluarkan terkait dengan potensi terjadinya hujan deras dengan disertai angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Timur," katanya, dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan, pada sore hari ini masih berpotensi terjadinya hujan deras disertai dengan angin kencang di wilayah Jatim. "Di antaranya berada di Bangkalan, Sampang, Tuban, dan juga Bojonegoro," ucap dia, Selasa, 12 November 2019.

Kemudian, potensi hujan deras dan angin kencang bisa meluas ke wilayah Sumenep, Ngawi, Magetan, dan juga Jember.

Ia juga mencatat beberapa wilayah Jawa Timur yang terjadi angin kencang itu berpotensi terjadinya bencana alam, sehingga mengakibatkan sebagian bangunan mengalami kerusakan akibat angin kencang.

"Untuk itu, kepada masyarakat diharapkan bisa mewaspadai terjadinya potensi bencana alam itu," kata Tri Susanto.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat supaya tidak berada di bawah pohon besar saat terjadi hujan, karena kalau terjadi hujan deras maka pohon tersebut berpotensi roboh dan bisa mengenai seseorang yang sedang berteduh di bawah pohon.

"Intinya masyarakat harus lebih berhati-hati jika sedang terjadi hujan deras pada saat peralihan musim dari kemarau ke musim hujan saat ini," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.