Sukses

Kepala Bappeko Surabaya Angkat Bicara soal Pemasangan Baliho Risma-Eri

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi angkat bicara mengenai baliho yang terdapat gambar dirinya dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menduga ada yang berniat jahat dengan memasang baliho bergambar dirinya bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) di sejumlah titik Kota Surabaya, Jawa Timur, menjelang Pilkada 2020.

"Gusti Allah Mahatahu. Siapa yang berbuat jahat, pasti akan mendapat balasan-Nya," kata Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (13/11/2019), demikian mengutip Antara.

Baliho berukuran sekitar 2 × 4 meter itu tertulis frasa: "Kampung Berdaya, Warga Berjaya". Di atasnya ada sponsor dari Smart City. Di foto keduanya tertulis masing-masing nama: Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya dan Eri Cahyadi, Kepala Bappeko dan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH).

Baliho tersebut sempat ramai di media sosial, khususnya layanan pesan singkat, menyusul Eri Cahyadi selama ini dianggap sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya yang mendapat dukungan penuh dari Tri Rismaharini. Informasinya baliho bergambarkan Risma dan Eri itu dipasang di tiga tempat: Kelurahan Lidah Wetan, Lidah Kulon, dan Kelurahan Bangkingan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mendapati kabar itu, Eri Cahyadi langsung melakukan cek lokasi tersebut. Hasilnya tidak ada baliho yang dimaksud.

"Saya cek tidak ada. Bisa saja baliho itu dipasang kemudian difoto untuk diviralkan. Setelah itu, dilepas lagi," kata dia.

Selain itu, dia mendalami setiap kata yang ada di baliho itu. Ternyata, ada kalimat di baliho yang salah. Baliho tersebut menyebut dirinya sebagai Kepala DKRTH (Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau). Padahal, sejak Senin, 11 November 2019 Eri sudah tidak menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala DKRTH.

"Ini berarti ada yang pasang tidak tahu niatnya apa. Alhamdulillah, Gusti Allah menunjukkan yang dipasang ternyata salah," ujar dia.

Eri menuturkan, Smart City merupakan salah satu program dari DKRTH. Namun, DKRTH tidak memasang baliho tersebut. "Saya sudah tanyakan itu. Tidak ada yang memasang dari DKRTH," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Surabaya Mahfudz menilai, baliho tersebut jelas bertujuan untuk mengenalkan Eri Cahyadi di kalangan masyarakat Surabaya.

Selain itu, kata dia, pesan yang tersirat dalam banner itu mau menunjukkan bahwa Eri adalah anak kadernya Wali Kota Risma yang akan menggantikan kepemimpinannya saat Pilkada Surabaya 2020.

"Yang saya tangkap, secara pesan politik yang mau disampaikan kepada warga Surabaya adalah mengenalkan Eri yang dibungkus dengan program pemberdayaan perkampungan," ujar dia.

Dia mengatakan, kesuksesan program kerja dicanangkan itu adalah keberhasilan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, bukan Kepala Bappeko, sehingga foto yang ditampilkan harusnya Tri Rismaharini berdampingan dengan Whisnu Sakti Buana, bukan dengan Eri Cahyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.