Sukses

Pemkot Surabaya Percepat Proses Pembenahan Stadion Gelora Bung Tomo

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempercepat proses pembenahan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang bakal menjadi arena Piala Dunia U-20 pada 2021 dengan mengoptimalkan kegiatan kerja bakti dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Dikerjakan yang benar, ya, biar segera rampung dan sesuai perencanaan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi saat memimpin kerja bakti di Stadion GBT, Rabu (13/11/2019), demikian mengutip laman Antara.

Adapun dinas-dinas di lingkungan Pemkot Surabaya yang ikut kerja bakti mulai dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga Dinas Cipta Karya dan lainnya.

Dia mengatakan, beberapa regu yang sudah dibagi di masing-masing gate memperbaiki sirip-sirip stadion serta besi-besi di pintu gerbang yang sudah keropos. "Gate ini sudah keropos. Ini harus diganti," kata lulusan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) ini.

Eri mengatakan, dalam kerja bakti tersebut pihaknya mengerahkan lebih dari 1.000 petugas di Pemkot Surabaya. Mereka disebar ke tujuh titik meliputi titik pertama di gate 1 sampai 3, titik kedua di gate 4 sampai 6, titik ketiga di gate 7 sampai 9, titik keempat di gate 10 sampai 12, titik kelima di gate 13 sampai 15, titik keenam di gate 16 sampai 18, dan titik ketujuh di gate 19 sampai 21.

 

2 dari 3 halaman

Dikerjakan 150 Orang

Masing-masing titik, lanjut dia, dikerjakan lebih dari 150 orang dari beberapa dinas terkait, misalnya di gate 4 sampai 5 ada 150 petugas DKRTH ditambah 3 orang dari Dispora. Begitu juga di gate 10 sampai 12 ada 150 petugas Satpol PP ditambah Dispora.

"Hari ini kita ganti yang keropos-keropos di bagian depan sama mencopot paving yang sudah tidak rata. Besok (Kamis, 14/11) kita akan kembali kerja bakti. InsyaAllah mulai mengecat dinding," ujar dia.

Tak lama kemudian, Eri bersama Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Edi Santoso meninjau pembongkaran paving di gate 1. Dengan membawa linggis dan membalikkan topi yang dikenakannya, Eri turut membantu pencopotan paving.

Setelah itu, Eri juga membantu para pengelola GBT naik ke atas tribun dan mengecat pagarnya dengan warna hijau, warna kebanggaan Persebaya.

"Kerja bakti ini akan terus kita lakukan bersama jajaran dinas untuk mengakselerasi persiapan GBT sambil paralel beberapa pekerjaan lain terkait akses jalan dan pembangunan lapangan juga kita proses untuk lelang," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim