Sukses

Tambal Tanggul Kali Lamong Agar Surabaya Tak Kebanjiran

DPRD Surabaya berharap Pemkot Surabaya bersama-sama Pemprov Jatim memperbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol di wilayah Surabaya Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya meminta pemerintah kota (pemkot) setempat memperbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol khususnya di Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Hal ini untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono menuturkan, revitalisasi tanggul Kali Lamong sebenarnya kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyusul keberadaannya berada di antara Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya.

"Namun karena tanggul Kali Lamongan juga masuk ke wilayah Surabaya, maka Pemkot Surabaya harus ikut membenahi tanggul-tanggul Kali Lamong yang jebol," kata dia mengutip Antara, Kamis (14/11/2019).

Dia menuturkan, Pemkot Surabaya sebenarnya sudah melakukan revitalisasi Kali Lamong secara bertahap. Hanya saja, kata dia, Pemkot Surabaya tidak hanya memikirkan persoalan Kali Lamong saja, melainkan banyak kawasan lain yang juga membutuhkan perhatian.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya berharap Pemkot Surabaya bersama-sama Pemprov Jatim memperbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol di wilayah Surabaya Barat.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, selama ini kontribusi Pemprov Jatim soal revitalisasi tanggul Kali Lamong kecil jika dibandingkan dengan apa yang sudah dikerjakan oleh Pemkot Surabaya.

Ia mencontohkan, Pemkot Surabaya menggelontorkan dana Rp100 miliar untuk revitalisasi tanggul Kali Lamong, sementara Pemprov Jatim paling hanya 1 persennya, atau cuma sekitar Rp1 miliar.

"Disparitasnya sangat jauh sekali, dan faktanya Pemkot Surabaya lebih banyak melakukan revitalisasi tanggul Kali Lamong," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggul Jebol karena Banjir di Tambakdono

Kepala Bidang Pematusan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Syamsul Hariadi sebelumnya mengatakan pihaknya sudah membangun tanggul di Kali Lamong sejak tiga tahun lalu.

"Tapi, tanggul itu jebol sehingga terjadi banjir di Tambakdono," kata dia.

Syamsul mengatakan panjang tanggul Kali Lamong yang dibuat sekitar 8,5 kilometer. Saat ini yang sudah dibuat panjangnya mencapai 2,5 kilometer, dengan ketinggian 3 meter. Sesuai arahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, kata dia, ketinggian tersebut akan ditambah 1 meter sehingga nantinya diperkirakan ketinggian mencapai 4 meter.

"Mudah-mudahan kuat. Di beberapa titik yang kemarin jebol dipasang bronjong, batu kali yang diikat dengan kawat. Mungkin sekitar 100 meter pakai bronjong. Di titik-titik yang jebol dipasangi semua," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.