Sukses

Ayo Santap Tiga Bubur Madura Ini di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Selain nasi, karbohidrat lain yang bisa mengenyangkan perut adalah bubur. Bila sudah bosan dengan bubur yang memiliki rasa asin dengan topping telur, ayam dan cakue, saatnya kini coba bubur dengan rasa manis.

Ada beragam macam bubur yang memiliki rasa manis. Salah satu bubur manis adalah Bubur Madura.  Bubur Madura mungkin bisa dibilang adalah perpaduan dari semua bubur manis. Di dalamnya ada sum-sum, mutiara, cenil sampai ketan hitam. Semua itu kemudian disatukan dan disajikan dengan daun pisang. 

Walau namanya “Bubur Madura”, bubur ini masih banyak ditemukan di Surabaya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 3 Bubur Madura yang bisa Anda temukan di Surabaya:

1. Bubur Madura Putri Ayu

Bila di pagi hari Anda sedang ingin menyantap sesuatu yang manis, Bubur Madura Putri Ayu bisa dijadikan pilihan. Anda bisa menemukan Bubur Madura ini dua tempat yakni, di Jalan Ngagel Rejo Nomor 20, Surabaya atau di Jalan Dr. Ir. Soekarno MERR Nomor 486B.

Di sini, satu porsi Bubur Madura berisi bubur sumsum, mutiara, candil, ketan ireng. Melansir informasi dari akun Instagram resmi Bubur Madura Putri Ayu @buburputriayu, mulai 1 Oktober,  harga Bubur Madura di sini menjadi Rp 10.000 per satu porsinya.

Selain Bubur Madura, ada banyak jenis bubur lain yang bisa Anda temukan di kedainya. Bubur Madura Putri Ayu buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 07:00 – 15:00 atau sehabisnya porsi. Pada Senin, kedai makan ini tutup. 

2 dari 3 halaman

Bubur Madura Tradisional

2. Bubur Beras Madura Bu Leha

Bubur Beras Madura milik Bu Leha ini bisa dibilang masih memakai gaya tradisional. Hal ini karena, Bubur Madura di sini masih menggunakan daun pisang sebagai piring dan juga sendoknya. 

Bubur Madura ini dijual secara keliling. Melansir informasi dari akun Instagram @surabaya_foodies, Bubur Beras Madura ini mangkal di Jalan Penataran, Surabaya, dekat Lontong Balap Pak Gendut, daerah Pacar Keling. 

Di sini, Bubur Madura berkisar harga Rp 8.000 sampai Rp. 10.000. Untuk Bubur Madura Campur yang berisi tambahan lupis, ketan hitam, klanting harganya Rp. 10.000. Anda bisa menemukan bubur ini setiap hari, sekitar pukul 12:00 – 16:00. 

3. Bubur Madura Ruko Permata Bintoro

Di Surabaya, masih ada Bubur Madura yang dihidangkan menggunakan gaya tradisional. Bubur Madura itu dapat ditemukan di area Ruko Permata Bintoro Jalan Ketampon Nomor 19. 

Melansir informasi dari akun Instagram @surabayafoodies, Bubur Madura ini baru bisa dibeli mulai pukul 12:00 – 17:00. Untuk satu porsinya, Anda perlu membayar Rp 8.000. Di sini satu porsi Bubur Madura sudah berisi macam-macam, seperti sagu mutiara merah muda, ketan hitam, parutan kelapa, dan lain-lain.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa Unair Bikin Produk Kecantikan dari Racikan Nusantara
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN