Sukses

5 Wisata Kuliner Malam Batu yang Wajib Dicicipi, Bikin Ketagihan

Wisata kuliner malam batu tentunya akan membuat kamu ketagihan dengan kelezatannya

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner malam Batu didominasi makanan hangat. Bagaimana tidak, suhu di Kota Batu yang dingin tentunya akan sangat mendukung saat kamu mengonsumsi makanan atau minuman hangat. Dengan begitu, tubuh yang kedinginan dapat kembali hangat. 

Tidak hanya menawarkan kehangatan saja, kamu juga akan menikmati kelezatannya yang sangat khas. Wisata kuliner malam batu terdiri dari berbagai makanan kecil atau camilan yang biasa dijual di jalanan, hingga makanan berat yang bisa didapatkan di kedai makan.

Wisata kuliner malam batu tentunya akan membuat kamu ketagihan dengan kelezatannya. Kuliner malam Batu ini sangat cocok dijadikan teman jalan-jalan santai di sekitar alun-alun Kota Batu atau sekadar melepas rasa lapar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019) tentang wisata kuliner malam Batu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketan Legenda

Berkunjung ke Malang, kurang pas rasanya kalau tidak mencoba sajian ketan di Pos Ketan Legenda. Sama seperti namanya, warung ketan ini memang sudah melegenda karena sudah ada sejak 1967. Banyak orang yang penasaran dengan sajian ketan di sini. Bahkan banyak yang rela mengantri untuk mendapatkan beberapa porsi ketan yang menggugah selera.

Ketan dengan cita rasa yang khas ini disajikan dengan beragam aneka topping yang unik seperti susu, sambal, keju, durian, dan lain sebagainya. Bila kamu tertarik dan penasaran dengan sajian ketan di Pos Ketan Legenda, kamu bisa langsung menuju Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Malang.

Warung ketan ini buka mulai jam 4 sore hingga jam 12 malam. Cocok buat kamu yang ingin makanan ringan di malam hari.

3 dari 6 halaman

Sate Kelinci

Kuliner malam kota Batu selanjutnya yang wajib dicicipi dan akan membuat kamu ketagihan adalah sate kelinci. Sate kelinci bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner yang populer di kalangan wisatawan saat berkunjung ke Malang, khususnya ke Kota Batu.

Saat melintasi jalan raya Malang-Batu, kamu akan menemukan beberapa resto yang menyediakan menu sate kelinci, salah satunya lesehan sate kelinci yang terletak di Jl. Raya Ir. Soekarno, Batu.

Berbicara tentang sate kelinci, penampilannya tak jauh berbeda dengan sate ayam. Sate kelinci juga disajikan dengan menggunakan bumbu kacang. Kamu juga bisa menikmatinya dengan menggunakan lontong atau nasi hangat.

Harga yang dibanderol untuk sate kelinci akan membuat kamu sedikit merogoh kocek, yaitu Rp 30.000 untuk 10 tusuk sate. Namun, harga tersebut tentu saja sebanding dengan kelezatan yang kamu dapatkan.

4 dari 6 halaman

Mie Soden

Mie Soden beralamat di Jl. Raya Selecta No. 1, desa Tulungrejo, Kota Batu (dekat gerbang masuk Selecta) yang buka dari jam 18:00 sampai tengah malam.

Nama Soden sendiri merujuk pada nama sang pemilik yang akrab dengan panggilan tersebut. Menyuguhkan menu mie instan goreng sebagai menu utama, mengantarkan nama warung ini populer dengan Mie Soden. Meskipun namanya baru mencuat belakangan ini, Mie Soden ternyata telah memanjakan pelanggannya sejak 2003 silam.

Mie Soden sendiri sebenarnya merupakan mie instan goreng yang dimasak dengan tambahan beberapa bumbu dan pelengkap, seperti sawi hijau dan telur orek.

Namun, kelezatannya sungguh melebihi mie instan yang biasa dibuat sendiri di rumah. Apalagi dengan duara dingin di kota Batu, membuat kamu akan ketagihan dengan Mie Soden ini.

Selain mie, kamu juga harus menicipi the susu khas Mie Soden ini. Segelas teh susu di Mie Soden dibuat dari susu segar, gula pasir dan satu kantung teh celup. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi sajian susu hangat untuk menemani sekantung kerupuk pasir, sate jeroan, sate telur puyuh, dan camilan lain yang tersedia di warung ini. Kisaran harga pada kedai ini sekitar Rp 1.000 - Rp 10.000.

5 dari 6 halaman

Lok-Lok Satay

Jika sedang berjalan-jalan di alun-alun Kota Batu, maka kamu akan banyak melihat lapak yang berjualan satay Lok-Lok khas negeri Jiran. Sate yang satu ini tidak terbuat dari bahan dasar daging ayam maupun kelinci dan sapi, namun terbuat dari berbagai olahan seafood.

Menu pada satay Lok-Lok beragam, ada sate udang, sate kepiting, sate cumi, sate baso ikan, sosis, dan lain sebagainya.

Ukuran per tusuknya pun berbeda-beda, mulai dari ukuran kecil hingga yang porsi jumbo. Soal harganya bervariatif, mulai dari Rp 5.000 hingga 15.000 per tusuknya. Sate disajikan dengan pilihan sambal, di antaranya saus tomat, sambal biasa, mayonase, barbeque dan sambal pastinya lok-lok yang spesial.

6 dari 6 halaman

Cilok Rempah

Wisata kuliner malam di kota Batu selanjutnya yang dapat membuat kamu ketagihan adalah cilok. Kudapan yang satu ini merupakan salah satu menu kuliner kota Batu yang harus kamu cicipi, sebab sensasi memakannya di tengah dinginnya udara akan berbeda.

Cilok yang dijajakan tersebar di banyak tempat, seperti salah satunya banyak dijumpai di alun-alun Batu. Cilok yang dijajakan pun bermacam-macam jenisnya, mulai dari cilok daging, cilok rempah sampai cilok jeletot yang khas dengan kepedasannya.

Hanya dengan Rp 5.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan seporsi cilok yang banyak. Jangan lupa untuk makan cilok saat masih panas, karena jika sudah dingin rasanya tidak akan sama lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.