Sukses

Hari Anak Sedunia, Ajak Buah Hati ke 5 Tempat Wisata Ini di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - 20 November merupakan peringatan Hari Anak Sedunia. Peringatan ini sudah ditetapkan sejak 1954 untuk melindungi anak-anak. 

Mungkin Anda juga pernah mendengar perayaan Hari Anak Internasional. Perayaan ini dirayakan setiap 1 Juni. Walau selintas terdengar sama, kedua peringatan ini memiliki fokus yang berbeda bila dilihat dari sejarahnya.

Melansir dari kanal Lifestyle Liputan6.com, Hari Anak Internasional ditetapkan sejak 1925. Penetapan tersebut guna menarik perhatian dunia pada isu-isu yang berdampak pada anak. 

Perwakilan negara-negara yang hadir saat itu melihat orang dewasa memiliki utang untuk memberikan bekal yang baik pada anak. Akhirnya konferensi tersebut mengadopsi Dekrasi Geneva tentang Hak-hak Anak. 

Sementara Hari Anak Sedunia, merupakan peringatan yang diciptakan untuk mengubah bagaimana masyarakat melihat dan memperlakukan anak-anak. Selain itu, peringatan ini juga untuk meningkatkan kesehatan serta kebahagiaan anak.

Hari Anak Sedunia ada untuk membina dan memenangkan hak-hak anak di seluruh bumi. Peringatan ini mengingatkan bahwa anak memiliki hak yang sama dengan orang dewasa. Walau memiliki dua konsentrasi yang berbeda, kedua perayaan tersebut memiliki maksud yang sama yakni melindungi anak-anak.

Dalam rangka Hari Anak Sedunia, di Surabaya terdapat tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk menyenangkan anak. Berikut 5 tempat wisata di Surabaya untuk anak yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber: 

1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Berwisata ke kebun binatang tak hanya meningkatkan kebahagiaan, tapi juga menambah ilmu pengetahuan bagi anak. Di Surabaya terdapat Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kebun binatang ini, ada di Jalan Setail Nomor 1, Surabaya, Jawa Timur. 

Dengan taman seluas 85.000 meter persegi, anak-anak dapat melihat berbagai binatang seperti gajah, harimau, jerapah, dan masih banyak lagi. Tak hanya sekadar melihat, pengunjung juga dapat mencoba pengalaman menunggangi gajah, onta atau melihat aquarium. Bila ingin berkunjung, KBS buka setiap hari. KBS mulai buka dari pukul 08:00 sampai 16:00.

2 dari 4 halaman

Blockbuster Museum

2. Blockbuster Museum 

Bila anak Anda gemar menonton, Blockbuster Museum dapat dijadikan pilihan untuk liburan. Jauh dari kata bosan, museum ini memiliki kurang lebih 3.000 action figure dari berbagai film. 

Blockbuster Museum ada di Jalan Kenjeran, Surabaya, lantai 2 dari The Kitchenware Paradise. Di sana anak-anak dapat melihat banyak kotak kaca berisi diorama figur dari ttokoh berbagai film seperti Avenger, Toy Story dan masih banyak lagi. 

Selain itu, di sana juga terdapat kostum dan senjata dari berbagai superhero. Selain melihat-lihat, Anda juga juga bisa menjadikan museum ini sebagai latar foto. Blockbuster Museum buka setiap hari kecuali Hari Rabu. Untuk Senin, Selasa, Kamis, museum mulai beroperasional pukul 14:00 – 21:00. Sedangkan untuk Jumat, Sabtu, Minggu dan hari besar, museum bisa diakses dari pukul 12:00-21:00.

3. Atlantis Land Park 

Kenjeran memiliki banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu wisata di Kenjeran yang cocok untuk anak-anak adalah Atlantis Land. Wisata ini tepatnya ada di Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru. Atlantis Land Park mengusung konsep petualang ala Disneyland. 

Wahana di Atlantis Land terbagi menjadi 2 jenis yakni wahana air dan non air. Untuk wahana air, Anda dapat menikmatinya di Atlantis Waterland, Tornado Slide, dan Boomerang Slide. Sedangkan wahana non air, terdapat Dino Land, Misteri Atlantis, Carousel, Istana Patung Lilin dan masih banyak lagi. 

Untuk bermain di sana, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 100  ribu dan untuk anak dibawah 85cm tidak dikenakan biaya masuk. Atlantis Land buka dari pukul 10:00 sampai 18:00.

3 dari 4 halaman

Suroboyo Carnival Park

4. Ciputra Water Park 

Bermain air dapat menjadi wisata yang menyenangkan untuk anak-anak. Ciputra Water Park dapat dijadikan salah satu pilihan. 

Ciputra Water Park adalah wisata wahana air terbesar yang ada di Surabaya. Luasnya mencapai lima hektare. Kolam renang yang ada di sana pun sangat unik. Kolamnya dimodifikasi sedemikian rupa hingga berkonsep petualangan. 

Ciputra Water Park memiliki tujuh zona yakni Sinbad’s Playground, Roc Tower, Syracuse Beach, Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, dan Tartarus Pool. Lokasi wisata ini ada di dalam Kawasan Waterpark Boulevard Citraland.

5. Suroboyo Carnival Park  

Tempat lain yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan di Surabaya adalah Suroboyo Carnival Park. Wisata ini cocok untuk akhir pekan karna hanya buka dari sore hingga malam hari.

Berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 333, Surabaya, terdapat lebih dari 52 macam wahana menyenangkan di Suroboyo Carnival Park. Beberapa wahana yang bisa ditemukan seperti, Bledek Coaster (sejenis roller coaster), Pirates Ghost Ship (rumah hantu), atau Ferris Wheel (Kincir). Untuk anak balita, terdapat pula Kids Kingdom yang menyediakan Face Painting, Kitchen Magic, dan Artist Studio.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN
Artikel Selanjutnya
Unusa AFC Bakal Dukung Program One Pesantren One Product Jawa Timur