Sukses

Dinas Pendidikan Jatim Prioritaskan Guru Agama di Formasi CPNS 2019

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Hudiyono mengatakan, guru agama paling banyak dibuka formasinya karena tidak bisa digantikan dengan guru pelajaran lain.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memprioritaskan guru agama pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 dengan jumlah mencapai 1.133 formasi.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Hudiyono mengatakan, guru agama paling banyak dibuka formasinya karena tidak bisa digantikan dengan guru pelajaran lain.

"Kementerian Agama juga tidak menyalurkan guru agama di sekolah yang berada di naungan Kemendikbud, karena pasokan guru agama dari Kemenag disalurkan ke madrasah," ujar dia, demikian mengutip laman Antara, Selasa (19/11/2019).

Meskipun diangkat oleh Kemendikbud, kata dia, guru agama juga akan disertifikasi oleh Kemenag untuk memastikan kualitasnya. Mengenai teknis penyaluran CPNS di lingkungan Dinas Pendidikan Jatim, Hudiyono menuturkan, penyebarannya akan dilakukan menyesuaikan kebutuhan sekolah.

"Diprioritaskan yang tidak ada PNS dan yang memiliki kekurangan guru paling banyak," ucap Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Surabaya Tatik Kustini mengatakan, pihaknya merasakan kekurangan guru karena sejumlah pelajaran prioritas saat ini juga membutuhkan guru PNS.

"Kebutuhan guru di SMAN 2 Surabaya yang mendesak untuk mata pelajaran penjasorkes, agama, fisika, kimia, matematika dan sejarah," kata dia.

Kekurangan guru ini, lanjut dia, rata-rata satu guru di tiap pelajaran karena guru PNS yang sebelumnya menjadi pengampu pada pelajaran telah pensiun dan pindah tugas sebagai pengawas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov Jatim Salah Satu Instansi Favorit Pelamar CPNS 2019

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Jawa Timur menjadi salah satu instansi favorit pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 atau CPNS 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jawa Timur, Anom Suharno mengatakan, instansi yang diminati pelamar CPNS 2019 antara lain Kementerian Hukum dan HAM, Pemerintah Kota Bogor, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perindustrian.

Tercatat jumlah pelamar hingga Rabu, 13 November 2019 pukul 14.43 WIB,  antara lain yang sudah isi formulir mencapai 2.794 orang. Selain itu, pelamar CPNS 2019 yang sudah submit sebanyak 775 pelamar, memenuhi syarat sebanyak 222 pelamar, tidak memenuhi syarat sebanyak 124, dan belum verifikasi sebayak 429 pelamar.

Anom mengatakan, ada sejumlah hal membuat pemerintah provinsi Jawa Timur banyak diminati pelamar CPNS 2019. Pertama, karena sesuai formasi yang dibutuhkan. Kedua, Anom menyebutkan kemungkinan peserta melihat manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintah provinsi Jawa Timur sudah tertata baik.

"Ketiga persyaratan agak longgar dengan prodi terakreditasi, tanpa disyaratkan kualifikasi A atau B atau C seperti tahun lalu,” ujar Anom saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Kamis, 14 November 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.