Sukses

Gresik Masuk Jajaran Kabupaten Sehat pada 2019

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menerima penghargaan kesehatan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan ini didapat karena Pemkab Gresik memprioritaskan kesehatan dalam pembangunan. Salah satu program pemkab Gresik untuk prioritaskan kesehatan dengan edukasi pencegahan stunting dan masalah tumbuh kembang anak. Hal itu dilakukan lewat kerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik.

"Kami berikan edukasi kepada masyarakat khususnya kaum ibu untuk mengenali stunting atau permasalahan tumbuh kembang pada anak dan juga cara pencegahannya," ujar Ketua Tim Pembina KKS yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sumbari, Selasa, 19 November 2019.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengapresiasi penghargaan yang didapat tersebut. Pihaknya berkomitmen mewujudkan Gresik sebagai kabupaten sehat dan layak huni bagi warganya.

Ia menuturkan, semua pihak termasuk pemerintah daerah memiliki tanggungjawab sama untuk menjaga lingkungan dan menerapkan tatanan kabupaten sehat. "Berbagai kebijakan telah kami laksanakan dalam rangka penerapan tatanan Gresik sebagai kabupaten sehat,” ujar dia.

Ia menuturkan, penghargaan bukan menjadi hal utama. Akan tetapi, menjaga komitmen melaksanakan tata kelola dan menerapkan tatanan kabupaten sehat untuk terus dilaksanakan.

"Penghargaan ini kami jadikan motivasi, selebihnya adalah komitmen bersama untuk melaksanaka program Gresik kabupaten sehat sesuai dengan tatanan yang berlaku," ujar dia.

2 dari 3 halaman

Jombang Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sehat 2019

Sebelumnya, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan tingkat nasional dengan dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten sehat tahun 2019.

Penghargaan Swasti Saba Wistara tingkat nasional 2019 dari Menteri Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan itu diterima langsung Bupati Jombang, Jawa Timur, Mundjidah Wahab di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, penghargaan Swasti Saba Wistara tingkat nasional 2019 ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Santri (julukan Jombang), dilansir dari Antara.

"Kami merasa bersyukur dengan anugerah yang diraih Jombang dengan menerima penghargaan Swasti Saba Wistara 2019 atau Kabupaten sehat," kata Mundjidah.

"Penghargaan ini bisa diraih berkat partisipasi seluruh masyarakat Jombang dalam mewujudkan Kabupaten sehat, dan alhamdulillah akhirnya bisa meraih Swasti Saba Wistara 2019," ujarnya.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Bupati Mundjidah berharap bisa menjadi motivasi bagi masyarakat maupun pemangku kepentingan di Kabupaten Jombang dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dari kota sampai pelosok desa.

"Itu juga untuk mewujudkan seluruh desa di Kabupaten Jombang menjadi desa ODF," tandas Mundjidah.

Penghargaan ini, lanjutnya, sangat diperlukan karena memberikan hasil akhir berupa kesehatan masyarakat yang semakin baik dan meningkat.

Kabupaten Sehat kategori Swasti Sabha Wistara ini merupakan penghargaan tertinggi dalam penilaian kabupaten sehat yang meliputi enam komponen tatanan, meliputi kawasan permukiman dan sarpras sehat; kawasan sarana lalu lintas yang tertib.

Selain itu, pelayanan transportasi; kawasan industri dan perkantoran sehat; kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim