Sukses

VIDEO: Nikmati Panorama Indah Pulau Buatan di Pulau Lusi Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Wahana wisata pulau buatan Lumpur Sidoarjo atau biasa disebut Lusi di Kabupaten Sidoarjo, kini makin ramai dikunjungi wisatawan lokal untuk melihat panorama keindahan alamnya.

Dengan menaiki perahu menuju pulau Lusi, Sidoarjo, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alami di kawasan pulau yang terbentuk dari pembuangan semburan lumpur lapindo tersebut. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 19 November 2019.

Meningkatnya pengunjung yang berwisata ke Pulau Lusi ini mulai dirasakan tahun 2012 lalu yang masih terkenal dengan sebutan Pulau Sarinah.

Seiring waktu, pulau Sarinah diganti pulau Lusi atau Lumpur Sidoarjo karena daerah ini adalah bekas pembuangan lumpur yang dilakukan pihak Penanganan Lumpur Sidoarjo dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Pengunjung akan lebih ramai terutama Sabtu dan Minggu, serta tanggal merah yang bisa mencapai 700 hingga 1.000 pengunjung.

Wisata pulau Lusi terletak di tengah-tengah Sungai Porong perbatasan antara Pasuruan dan Sidoarjo yang berjarak sekitar 25 kilometer dari darat Tlocor, Desa Kedungpandan Jabon. Dapat ditempuh dengan menggunakan armada perahu mesin yang dikelola kelompok sadar wisata desa setempat.

Kebanyakan para pengunjung yang datang menikmati keindahan panorama alam yang masih alami dan bagus. Selain itu bisa berswafoto dan menikmati nuansa alam Pulau Lusi.

Untuk masuk ke wahana wisata Pulau Lusi hanya dikenakan biaya transportasi perahu biasa sebesar Rp 15 ribu untuk sekali perjalanan menuju Pulau Lusi dan kembali ke dermaga Tlocor. Sedangkan jika menggunakan transportasi speed boat pengunjung dikenakan biaya Rp 150 ribu untuk 5 orang.