Sukses

4 Taman Nasional di Jawa Timur, Tawarkan Pesona Alam Indah

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki 50 taman nasional yang tersebar di berbagai daerah. Taman nasional merupakan kawasan konservasi alam baik flora dan fauna yang dikelola untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi. 

Di Indonesia, pengelolaan taman nasional dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Empat dari taman nasional ini bisa ditemukan di wilayah Jawa Timur. Taman nasional di Jawa Timur ini bisa menjadi tujuan rekreasimu bersama teman dan keluarga.

Masing-masing taman nasional di Jawa Timur ini menawarkan suasana alam yang menarik. Mulai dari pegunungan, savana, hutan, hingga laut, kamu bisa menikmati suasana alam bebas di taman nasional ini.

Mengunjungi taman nasional cocok bagi kamu yang suka berpetualang menikmati alam liar yang bebas. Di sini kamu bisa menyaksikan ragam flora fauna yang hidup bebas dan dilindungi.

4 taman nasional ini tersebar di beberapa wilayah di Jawa Timur. Kamu bisa mengunjungi salah satunya. Berikut 4 taman nasional di Jawa Timur yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

2 dari 5 halaman

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di wilayah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Taman Nasional Baluran memiliki luas total 250 km² menjadikannya taman nasional terkecil di wilayah Jawa Timur. Daya tarik dari taman nasional Taman Nasional Baluran adalah padang savana yang mendominasi wilayahnya.

Sekitar 40 persen dari total luas lahan Taman Nasional Baluran memang merupakan hamparan savana. Padang savana Taman Nasional Baluran yang disebut Savana Bekol merupakan savana terluas di pulau Jawa. Bekol didominasi dengan tanaman Acacia nilotica yang akan menghijau saat musim hujan dan menguning saat musim kemarau.

Taman Nasional Baluran merupakan rumah bagi 44 jenis flora, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Selain savana, Taman Nasional Baluran juga memiliki 4 pantai yang memesona yaitu pantai Bama, Balanan, Bilik dan Sijile. Tak cuma keindahan pantai, Taman Nasional Baluran juga memiliki pesona sejarah di mana kamu bisa menemukan Goa Jepang yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan.

3 dari 5 halaman

Taman Nasional Alas Purwo

Masih di daerah Banyuwangi, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo. Taman nasional ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional Alas Purwo menawarkan ragam vegetasi yang cukup lengkap seperti hutan, pantai, savana, dan gua.

Beberapa jenis fauna yang bisa ditemui di Alas Purwo antara lain banteng, rusa, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, kera, aneka burung, dan lainnya. Sementarai itu, ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana, dan pohon.

Sekitar 40% dari wilayah taman nasional ini ditumbuhi hutan bambu. Taman Nasional Alas Purwo memiliki kurang lebih 40 gua yang bisa disusuri langsun oleh pengunjung. Kamu juga bisa mengunjungi pantai eksotis di kawasan ini seperti Pantai Ngagelan, Pantai Pancur, Pantai Parang Ireng, dan Pantai Plengkung.

4 dari 5 halaman

Taman Nasional Meru Betiri

Nama Taman Nasional Meru Betiri diambil dari nama gunung yang termasuk dalam area taman ini. Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Daya tarik dari taman nasional ini adalah hutan dan taman.

Di taman nasional ini kamu bisa menemukan beragam satwa, seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, dan penyu. Ada juga hewan liar lainnya seperti harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa.

Terdapat hampir 520 jenis tanaman di sini, didominasi tanaman bunga dan obat-obatan. Ada pula bunga Rafflesia Zollingeriana yang mirip dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Kamu juga bisa mengunjugi pantai eksotis seperti Pantai Bandealit, Pantai Rajegwesi, Pantai Sukamade, dan Pantai Teluk Hijau.

5 dari 5 halaman

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional di Jawa Timur yang terakhir adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional ini mungkin merupakan destinasi populer di Indonesia.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Daya tarik taman nasional ini adalah jajaran gunung seperti Semeru, Bromo, Batok, dan masih banyak gunung lainnya.

Di kawasan TNBTS setidaknya terdapat 1.025 jenis flora. Terdapat 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka. Kawasan TNBTS juga dikenal sebagai “Land of Edelweiss”.

Satwa yang terdapat di taman nasional ini antara lain luwak, rusa, monyet kra, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burun, rangkong, elang-ular bido, srigunting hitam, elang bondo, dan belibis.