VIDEO: Ikan Bandeng Melimpah di Festival Kampung Iwak

VIDEO: Ikan Bandeng Melimpah di Festival Kampung Iwak

Dikenal sebagai kota bandeng, membuat Sidoarjo seringkali mengadakan festival, atau tradisi tahunan dengan sajian utama ikan bandeng. Di antaranya di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati.

Sebagai wujud syukur berhasilnya panen ikan, warga menggelar tradisi tumpeng bandeng presto dan berebut ikan bandeng segar. Ingin tahu keseruan tradisi yang Indonesia punya ini ? Berikut selengkapnya untuk Anda pada Liputan6, 20 November 2019.

Sebagai salah satu upaya melestarikan tradisi tahunan makan ikan bandeng dan pasca panen bandeng, ratusan warga Sidoarjo Jawa Timur meramaikan Festival Kampung Iwak, yang diadakan di kawasan tambak Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati Sidoarjo.

Di sini, selain bisa berbelanja ikan bandeng segar langsung ke petani tambak, ratusan warga mengikuti tradisi berebut tumpeng ikan bandeng presto. Tak hanya itu, warga diperbolehkan ikut berebut ikan bandeng segar, di saluran air sekitar tambak.

Ratusan warga langsung berebut sesaat setelah acara dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Illah. Tidak hanya warga lokal, warga luar daerah sengaja datang untuk mengikuti tradisi Festival Kampung Iwak yang Indonesia punya ini.

Ratusan warga rela mencebur berebut ikan bandeng, yang bisa langsung dibawa pulang, dengan syarat menangkapnya langsung dengan tangan, tanpa bantuan alat apapun.

Selain sebagai tradisi tahunan, Festival Kampung Iwak ini juga sebagai wujud rasa bersyukur warga Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo yang sukses melakukan panen bandeng menjelang akhir tahun.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 November 2019, 19:00 WIB

Video Terkait

Spotlights