Sukses

5 Potret Ceksan Sweepers, Truk Penyapu Canggih Jalan di Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya telah memiliki truk penyapu jalan yang biasa disebut Ceksan Sweepers.

Liputan6.com, Jakarta Kota Surabaya tak henti-hentinya melakukan perubahan dan berbenah demi kenyamanan warganya. Surabaya menjadi kota yang paling banyak membuka lahan hijau dan memiliki banyak taman kota. Kurang lebih sudah ada 70 taman kota tersebar di penjuru Kota Pahlawan ini.

Tak berhenti sampai di situ, Surabaya juga mulai menata kotanya senyaman dan seindah mungkin. Mulai dari menghidupkan transportasi umum hingga membersihkan kota. Bicara tentang membersihkan sampah, kota yang dipimpin oleh Walikota Tri Rismaharini punya truk canggih yang bisa membantu membersihkan sampah di jalan.

Diketahui Pemerintah Kota Surabaya telah memiliki truk penyapu jalan yang biasa disebut Ceksan Sweepers. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot untuk jalan raya di Surabaya. Teknologi yang digunakan dalam mesin ini dinilai lebih efektif dan efisien.

Truk canggih ini mulai resmi beroperasi sejak awal tahun 2019. Berikut 5 potret Ceksan Sweepers yang Liputan6.com rangkum dari Web Humas Surabaya, Kamis (21/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Truk penyapu jalan ini pertama kali terlihat diuji coba usai malam pergantian tahun baru 2019 di sekitar Balai Kota Surabaya, Selasa (1/1/2019).

3 dari 6 halaman

2. Truk ini juga dilengkapi dengan penyedot sampah yang dialirkan melalui sebuah pipa fleksibel berdiameter cukup besar.

4 dari 6 halaman

3. Sampah-sampah di jalan yang berhasil tertangkap, ditampung di sebuah bak yang ditempatkan di bagian belakang kabin truk.

5 dari 6 halaman

4. Truk ini juga memiliki sapu pada bagian depan dan tengah yang terbuat dari logam atau metal menyerupai ijuk berbentuk melingkar.

6 dari 6 halaman

5. Saat ini, truk berwarna putih yang dioperasikan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya ini berjumlah 5 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini