Sukses

Persiapan KAI Daop 8 Surabaya Hadapi Musim Hujan

PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan petugas untuk mengamankan perjalanan kereta api sepanjang jalur rel di lintas Daop 8 Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya bersiap hadapi musim hujan, dengan menyiapkan alat material untuk siaga serta menyiagakan petugas ekstra di jalur tersebut.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menuturkan, empat jalur kereta api yang menjadi fokus penyiagaan petugas masing-masing Stasiun Babat Lamongan, Stasiun Mojokerto, Stasiun Bangil, dan Stasiun Wlingi.

"Untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api, kami mengantisipasi datangnya musim hujan selama masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan meningkatkan pengawasan di empat jalur kereta api dan menyiagakan petugas ekstra,” ujar Suprapto, seperti dikutip dari laman Antara, Jumat (22/11/2019).

Petugas yang disiapkan di antaranya 37 petugas penilik jalan ekstra, 83 penjaga jalan lintas ekstra dan tujuh petugas posko daerah ekstra.

"Total ada 127 petugas unit jalan rel yang disiagakan untuk mengamankan perjalanan kereta api sepanjang jalur rel di lintas Daop 8 Surabaya,” ujar dia.

Selain itu, untuk memastikan keandalan jalur kereta api, Daop 8 Surabaya juga menyiapkan alat material berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir dan sebagainya. "Ini semua untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta api,” tutur dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Keamanan

Untuk petugas keamanan, Daop 8 Surabaya menyiapkan 591 personel keamanan yang terdiri dari 153 personel Polsuska, 433 personel keamanan dan lima personel pembinaan dari Polda serta bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 130 personel ditambah empat anjing pelacak (K9).

"Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara keliling melakukan patroli di jalur KA dan objek penting lainnya seperti depo lokomotif, dan kereta,” ujar dia.

Suprapto menuturkan, upaya ini sebagai komitmen KAI agar agenda libur nasional bisa berjalan lancar dan sukses.

"Kami secara internal yang terdiri dari para komisaris, direksi, Direktorat Jenderal Perkeretapaian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan kepolisian juga akan turun langsung inspeksi ke sejumlah stasiun pada 10-12 Desember 2019," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.