Sukses

VIDEO: Wanita Lumajang Tipu Uang Rp 400 Juta, Janjikan Masukkan Fakultas Kedokteran

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan di Lumajang, Jawa Timur ditangkap polisi lantaran melakukan aksi penipuan uang sebesar Rp 400 juta kepada tetangganya sendiri.

Modusnya, tersangka mengaku bisa menolong anak korban untuk bisa diterima kuliah di Fakultas Kedokteran di universitas ternama di Bali, dengan meminta imbalan sejumlah uang.

UM (29), warga Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Lumajang digelandang ke Mapolres Lumajang, setelah ditangkap di rumahnya. Pelaku yang berstatus janda adalah tersangka kasus penipuan terhadap tetangganya sendiri bernama Hendrik Istatok (32).

Modusnya, pelaku meyakinkan korban jika dirinya bisa memasukkan anak korban kuliah di Fakultas Kedokteran, mengaku menjadi alumni dan memiliki banyak kenalan di kampus ternama di Bali tersebut.

Korban yang percaya, memberikan uang yang diminta tersangka. Namun, setelah ditunggu hampir setahun, anak korban tak kunjung masuk kuliah, padahal uang sebesar Rp. 400 juta sudah terlanjur diberikan kepada pelaku.

Kasus penipuan ini terbongkar, setelah korban mengecek langsung ke pihak universitas yang dijanjikan pelaku di Bali. Tak hanya menipu, tersangka diduga memalsukan dokumen pihak universitas dari stempel dan tanda tangannya.

“Kita coba cari, bahwa yang disampaikan ada satu tersangka lain sebagai calo di Universitas Udayana, ini akan kami coba cari juga, untuk sementara satu sudah ditetapkan sebagai tersangka karena telah melakukan penipuan kepada korbannya secara berulang-ulang, kurang lebih satu tahun dari pengiriman uang bertahap hingga terkumpul Rp 400 juta, bahkan tersangka juga memalsukan dokumen,” kata AKBP M. Arsal, Kapolres Lumajang.

Kini tersangka menjalani proses hukum lebih lanjut di Mapolres Lumajang dan terancam pasal persangkaan kumulatif, yakni Pasal Penipuan dan Pemalsuan Dokumen, ancaman hukuman 10 tahun penjara. Demikian diberitakan Fokus, 21 November 2019.