Sukses

5 Tempat Wisata di Kaki Gunung Semeru, Alamnya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Bagi pendaki, gunung di kawasan Jawa Timur yang wajib dikunjungi adalah Gunung Semeru. Keseruan serta keindahan yang diberikan gunung ini tak perlu diragukan lagi. Menikmati segala keindahan di sekitaran Gunung Semeru memang sangat menyenangkan.

Namun, bagi kamu bukan pendaki pasti ragu untuk mengunjungi kawasan ini karena disangka hanya bisa dikunjungi untuk pendaki saja. Tenyata tidak. Buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam sekitar Gunung Semeru, kamu tidak diwajibkan untuk mendaki terlebih dahulu.

Pasalnya, ada beberapa tempat wisata di kaki Gunung Semeru yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya. Pemandangan alam yang memesona di kawasan kaki Gunung Semeru bikin kamu berdecak kagum.

Berikut ada lima tempat wisata di kaki Gunung Semeru yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/11/2019).

2 dari 6 halaman

Ranu Pani

Ranu Pani merupakan objek wisata berupa danau yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani termasuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Ranu Pani merupakan salah satu titik berangkat untuk para pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Desa Ranu Pani adalah desa terakhir sebelum Gunung Semeru.

Danau cantik ini merupakan danau vulkanik yang memiliki luas sekitar satu hektare. Apabila kamu tak ingin mendaki Gunung Semeru, kamu bisa hanya sebatas bermalam di danau dengan mendirikan tenda.

3 dari 6 halaman

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ranu Kumbolo juga merupakan danau yang termasuk dalam bagian rute termudah yang berasal dari Ranu Pani menuju puncak Gunung Semeru.

Danau air tawar ini terletak di Pegunungan Tengger, tepatnya di kaki Gununug Semeru. Danau ini memiliki luas area sekitar 15 hektare. Danau ini wajib disinggahi bagi para pendaki yang ingin melanjutkan perjalanan ke puncak.

Biasanya Ranu Kumbolo dijadikan sebagai tempat untuk para pendaki untuk transit apabila ingin melanjutkan perjalanan ke puncak Mahameru. Namun, buat kamu yang ingin menikmati keindahan pemandangan Ranu Kumbolo tetap bisa mencoba mendirikan tenda untuk bermalam di sini.

4 dari 6 halaman

Ranu Regulo

Tempat wisata di kaki gunung Semeru hampir semuanya berbentuk ranu atau danau. Salah satu danau yang tak boleh kamu lewatkan di sekitaran gunung Semeru adalah Ranu Regulo.

Danau ini juga masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini tidak jauh dari Ranu Pani dan memang letaknya agak tersembunyi.

Namun, setibanya di danau ini kamu akan menikmati keindahan alam berbeda setelah Ranu Kumbolo. Walaupun ada tiga danau sekaligus berada di area Gunung Semeru, namun keindahan ketiganya berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing.

5 dari 6 halaman

Kebun Teh Kertowono

Tempat wisata di kaki gunung Semeru selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Teh Kertowono. Kebun teh ini terletak di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Karena posisi kebun teh ini berada di lereng gunung Semeru, tak heran kalau pemandangannya sangat memukau. Punya udara sejuk, dipadu dengan panorama alam yang sangat memanjakan mata.

Kebun teh ini terletak di ketinggiam sekitar 1.200 mdpl. Untuk bisa sampai ke puncak kebun teh ini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 55 kilometer dari Kota Lumajang. Walaupun perjalanan cukup panjang, kamu tidak akan kecewa dengan hadirnya pemandangan yang ditawarkan.

6 dari 6 halaman

Air Terjun Coban Sewu

Air terjun Coban Sewu termasuk salah satu tempat wisata di kaki gunung Semeru yang bisa kamu kunjungi. Air terjun ini menawarkan keindahan alam dan pesona air terjun yang eksotis.

Hal menarik dari air terjun ini terletak dari adanya tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah membentuk tirai. Ketika melihat dari ketinggian, kamu akan dibuat terpana dengan pesona air terjun Coban Sewu ini.

Udaranya yang sejuk akan membuat kamu nyaman dan betah berada di kawasan wisata ini. Lokasi air terjun Coban Sewu ini tepatnya terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.