Sukses

5 Pantai di Tuban Unik dan Memesona, Indah dengan Pasir Putih

Liputan6.com, Jakarta Tuban merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan pantai utara laut Jawa. Kabupaten yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah ini dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels Pantai Utara. Tuban terletak 100 km sebelah barat laut Surabaya.

Berada di jalur pantai utara membuat Tuban punya wisata pantai yang memukau. Jajaran pantai di Tuban ini didominasi oleh pantai pasir putih yang memesona. Jika kamu mampir ke Bumi Wali ini, jangan lupa untuk mampir ke salah satu jajaran pantainya.

Pantai di Tuban menawarkan pesona uniknya tersendiri. Pantai-pantai ini menjadi tujuan rekreasi warga Tuban dan juga wisatawan luar kota. Pantai di Tuban juga dapat dengan mudah diakses dengan kendaraaan umum dan pribadi.

Untuk masuk ke lokasi pantai ini kamu juga cuma perlu menyiapkan uang mulai Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Berikut 5 wisata pantai di Tuban beserta daya tariknya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

2 dari 6 halaman

Pantai Remen

Pantai Remen menawarkan pesona pantai pasir putih di jalur pantai utara. Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut memberi keunikan tersendiri dari pantai ini.

Pantai Remen merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Pantai ini masih masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga setempat.

3 dari 6 halaman

Pantai Sowan

Pantai Sowan berlokasi di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar. Di pinggir pantai kamu akan menemukan rimbunan pohon Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, dan lainnya. Lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pantai Sowan dikelola oleh Perhutani membuatnya nampak bersih dan terawat. Tak cuma pepohonan, di sini kamu juga akan menemukan hewan seperti burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung gereja, Burung puyuh, Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Musang, Trenggiling, hingga Biawak.

4 dari 6 halaman

Pantai Boom

Pantai Boom menjadi pantai paling populer di Tuban. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Pantai ini menjadi tujuan favorit warga Tuban untuk rekreasi. Memasuki gerbang terdapat relief yang meneceritakan sejarah kabupaten Tuban. Di kawasan pantai terdapat aman-taman asri yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang.

Pantai ini memiliki jalan yang mejorok panjang ke laut, menjadikannya tempat bersantai para pengunjung. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom ini. Selain menikmati matahari terbit dan ternggelam kamu juga bisa memancing, serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

5 dari 6 halaman

Pantai Kelapa

Sesuai namanya, di pantai ini kamu akan menemukan jajara pohon kelapa yang melambai santaiantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Karena masih terbilang asri, tak jarang pengunjung berkemah di pantai ini. Wahana outbound seperti flying fox juga tersedia di pantai ini. Tempat ini menjadi andalan untuk rekreasi, berkumpul, atau sekadar bersantai di akhir pekan.

6 dari 6 halaman

Pantai Cemara

Tak cuma pantai dengan pohon kelapa, Tuban juga punya pantai dengan rimbunan pohon cemara yang menyejukkan. Di pantai Cemara kamu bisa menikmati hamparan pasir pantai dengan hijaunya pohon cemara yang teduh.

Selain itu, di kawasan Pantai Cemara ini juga ada pusat mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Jadi kamu memiliki banyak alternatif kunjungan di salah satu wisata Tuban ini.

Pantai ini memiliki struktur dangkal dan ombak yang relatif tenang. Ini membuat pantai cemara jadi pilihan cocok untuk bermain anak dan keluarga. Pantai Cemara berada di Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.