Sukses

Cerita Pemuda Sulawesi yang Sukses Dirikan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Pare

Meski baru seumur jagung, lembaga yang ia dirikan itu telah menjadi favorit terutama saat libur.

Liputan6.com, Kediri - Bukan rahasia lagi bahwa Kampung Inggris Pare di Kediri, Jawa Timur saat ini telah menjadi rujukan bagi para lulusan sarjana yang ingin meningkatkan kemapuan berbahasa inggrisnya. Salah satu lembaga yang terkenal di sana adalah FLIP English Pare. 

FLIP merupakan lembaga spesialisasi IELTS dan TOEFL yang didirikaan oleh seorang pemuda lulusan Master Education University Of Bristol, Inggris bernama Akbar Mappiare. Bagi pemuda asal Sulawesi Selatan itu, menguasai bahasa inggris adalah hal wajib di era globalisasi sekarang ini.

"Bahasa inggris merupakan modal dasar yang wajib dimiliki anak muda Indonesia untuk bisa maju ke pentas internasional,"  kata Akbar Mappiare, Founder Flip English Pare, Minggu 24 November 2019.

Penerima beasiswa LPDP itu menjelaskan bahwa alasan pentingnya menguasai bahasa Inggris adalah karena Indonesia kekurangan pekerja terampil yang mampu bekerja di perusahaan multinasional maupun perusahaan asing. Kecakapan berbahasa Inggris pun sangat diperlukan sebagai alat komunikasi dan negosiasi dengan perusahaan asing.

"Biasanya perusahaan juga mensyaratkan hasil TOEFL dan IELTS yang sesuai standar internasional," ucap Akbar.

Persyaratan itu tidak hanya berlaku bagi para pencari kerja, lulusan SMA maupun Sarjana yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri pun diberikan syarat serupa.

"Rata-rata persyarakat bahasa inggris mengikuti standar internasional, baik TOEFL atau IELTS," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengabdikan Diri di Kampung Inggris

Sejatinya, Akbar memiliki banyak pilihan setelah lulus dari Master Education University Of Bristol di Inggris. Misal menjadi dosen atau tenaga pengajar disejumlah unversitas di Indonesia. 

Namun ia memilih mendirikan FLIP English Pare dengan harapan lembaganya bisa melahirkan SDM yang mumpuni dan mampu bersaing di dunia internasional.

Belum lagi bagi dia, ada tanggung jawab sebagai alumni LPDP untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi Repulik Indonesia.

"Tugas kami sebagai alumni LPDP yakni mengabdi dan berikan yang terbaik untuk Indonesia. Nah, saya memilih dirikan FLIP English untuk menjawab perubahan zaman," terangnya.

Akbar menjelaskan bahwa FLIP English yang ia dirikan menjadi ranah pengabdiannya untuk bangsa dan negara. "Ini sudah menjadi pilihan saya," tegasnya.

Meski FLIP English Pare yang ia dirikan masih seumur jagung, lembaga milik Akbar itu telah menjadi salah satu favorit bagi para millenial yang hendak meningkatkan kemapuan berbahasa Inggrisnya.

Akbar menuturkan setiap masa liburan, FLIP selalu diserbu peminat dari berbagai daerah di Indonesia. Alasannya adalah karena program pendidikannya yang sangat dinamis. Selain itu FLIP bahkan seringkali ia berikan diskon higga 50 persen bagi peserta yang memiliki alasan kuat untuk pelajar.

"Inilah value yang kami berikan agar pelajar Indonesia bisa merasakan belajar di kampung Inggris dengan baik, kan sayang kalau jauh-jauh meniggalkan keluarga tapi tidak focus belajar," Akbar memungkasi.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.