VIDEO: Perdaya Korban, Pelaku Begal Motor di Surabaya Pakai Akun Medsos Palsu

VIDEO: Perdaya Korban, Pelaku Begal Motor di Surabaya Pakai Akun Medsos Palsu

Tiga pelaku begal usia belasan tahun di Surabaya, dibekuk Satuan Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ironisnya otak pelaku masih di bawah umur.

Modusnya pelaku membuat akun medsos palsu dan memasang foto perempuan. Tujuannya agar korban tertarik dan mau diajak ketemuan. Sepak terjang tiga penjahat jalanan,YL (18) dan RM (19) warga Tambak Asri dan DW (17) warga Krembangan Surabaya, berakhir di jeruji Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Tiga pelaku remaja ini dibekuk polisi setelah melakukan tindak kriminal di kawasan Jalan Kalianak Surabaya. Ironisnya salah satu pelaku masih di bawah umur dan merupakan otak pembegalan motor.

Modusnya pelaku membuat akun medsos palsu dan memasang foto perempuan. Tujuannya agar korban tertarik dan mau diajak ketemuan. Setelah melihat akun palsu itu, korban bernama Rahman Hakim kemudian tertarik untuk berkenalan. Pelaku DW yang menggunakan akun palsu mengajak korban ketemuan.

Saat bertemu, para pelaku langsung mengancam korban dengan senjata tajam. Korban pun dipaksa menyerahkan seluruh harta yang dimiliki termasuk sepeda motor. Pelaku sudah melakukan aksinya beberapa kali dan hasil kejahatan dipakai untuk senang-senang.

Polisi menyita barang bukti satu unit sepeda motor, telepon genggam dan foto di media sosial. Karena masih di bawah umur, salah satu pelaku dititipkan di Lapas Khusus Anak Surabaya.

Akibat perbuatannya, para tersangka terancam hukuman 7 tahun penjara, sesuai dengan Pasal 365 KUHP Tentang Pencurian dengan Kekerasan. Demikian diberitakan Fokus, 22 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 November 2019, 12:54 WIB

Video Terkait

Spotlights