Sukses

6 Wisata Kuliner di Blitar yang Terkenal, Enak dan Murah

Jangan lewatkan aneka sajian kuliner di Blitar yang terkenal ini.

Liputan6.com, Jakarta Blitar dikenal sebagai kota kecil yang terkenal dengan tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno. Selain itu, Blitar juga disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria.

Walaupun Blitar merupakan kota kecil, ternyata kota ini punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Blitar yang terkenal seperti Makam Bung Karno, Candi Penataran, Pantai Tambak Rejo, dan lain sebagainya.

Nah, ketika mengunjungi suatu kota sebentar atau lama, kurang lengkap rasanya jika tidak menyantap sajian kuliner yang terkenal di kota tersebut. Di Blitar juga ada banyak tempat wisata yang terkenal dengan cita rasa lezat dan harga murah.

Buat kamu yang sedang berencana liburan ke Blitar, berikut ada enam rekomendasi tempat wisata kuliner di Blitar terkenal yang telah Lipuatn6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Warung Tewel Mbah Martumi

Wisata kuliner di Blitar yang terkenal dan wajib dicobain adalah sayur tewel. Untuk menikmati sajian sayur tewel di Blitar, kamu bisa mengunjungi Warung Tewel Mbak Martumi.

Sayur rewel merupakan salah satu kuliner ndeso yang merupakan kuliner khas Blitar. Sayur tewel semakin lezat ketika disajikan dengan ayam lodho. Biasanya sayur tewel disuguhkan dengan satu piring penuh ayam lodho yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Sedangkan nasinya, bisa sambil sendiri dengan menggunakan piring terpisah. Apabila kamu tertarik dengan masakan terkenal di Blitar ini, langsung saja menuju Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

3 dari 7 halaman

Ayam Bakar Bu Mamik Blitar

Wisata kuliner di Blitar yang terkenal selanjutnya Ayam Bakar Bu Mamik. Ketika kamu sedang berada di Kota Blitar, sempatkan untuk mengunjungi tempat makan ini.

Menu andalan dari restoran ini seperti sup buntut, ayam bakar, dan gurame bakar madu. Tentunya, semua menu makanan tersebut punya cita rasa khas ala restoran Bu Mamik.

Tempat makan Ayam Bakar Bu Mamik ini memiliki desain bangunan dengan mengusung unsur suasana Jawa. Begitu juga dengan dekorasi dan alunan musik yang serba Jawa.

4 dari 7 halaman

Soto Daging Bok Ireng

Menu soto di setiap daerah rasanya sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh lagi. Begitu juga dengan sajian soto yang ada di Blitar.

Berbeda dengan jenis soto lainnya, soto di warung makan Soto Daging Bok Ireng ini diolah dengan cara yang unik. Soto di warung yang berukuran 3x3 meter berdinding hitam ini dimasak dengan periuk tanah dengan kayu bakar untuk memanaskannya.

Dalam satu porsi sajian soto daging, terdapat isian seperti jeroan sapi yang dihidangkan dalam mangkuk kecil. Apabila kamu tertarik dengan sajian kuliner terkenal di Blitar ini, langsung saja ke perempatan Jalan Semeru Kota Blitar.

5 dari 7 halaman

Rujak Petis Ngegong

Wisata kuliner Jawa Timur seperti surganya bagi pecinta sajian rujak petis. Begitu juga di Blitar, ada sajian makanan yang mirip dengan rujak cingur, namanya Rujak Petis Ngegong.

Bedanya dengan rujak cingur, Rujak Petis Ngegong ini tidak menggunakan cingur. Bahan yang digunakan Rujak Petis Ngegong ini seperti sayuran, tempe, dan tahu.

6 dari 7 halaman

Es Mini

Es Mini merupakan minuman yang sangat terkenal di Kota Blitar. Ada banyak varian jenis es yang bisa kamu dapatkan di tempat bernama Es Mini ini. Misalnya saja es kopyor, es rumput laut, es aneka jus, es gula aren, dan lain sebagainya.

Tak hanya menawarkan menu aneka es, tempat ini juga menyediakan aneka makanan seperti nasi rames, ayam bumbu rujak, nasi rawon, dan masih banyak lagi. Apabila kamu ingin melepas dahaga saat berada di Kota Blitar, kamu bisa langsung menuju Jalan Wahidin 14A, Blitar.

7 dari 7 halaman

Es Drop

Blitar identik dengan tempat pemakanan Presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno. Ketika kamu berkunjung ke kawasan makanm Bung Karno atau di tempat-tempat wisata lainnya, kamu akan sering menjumpai termos berwarna merah.

Termos tersebut berisikan es drop, yang sayang sekali untuk dilewatkan. Es drop biasanya dibungkus dengan kertas dan bentuknya menyerupai es krim. Es krim ini pernah sangat poopuler di tahun 1990an.

Selain rasanya yang beraneka ragam, pembungkus es krim ini juga unik. Pada bungkusnya bertuliskan ‘bungkus ramah lingkungan’, yang artinya ingin mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini