Sukses

Saat Wali Kota Surabaya Risma Kagumi Pendopo Banyuwangi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengagumi taman dan sejumlah tanaman yang ada di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengagumi taman dan sejumlah tanaman yang ada di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, saat kunjungan kerja ke Bumi Blambangan, Rabu.

Di Pendopo Banyuwangi, ada gundukan tanah menyerupai bunker dengan rerumputan yang hijau, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai bukit teletubbies.

"Ini sangat bagus sekali, bikin saya kerasan. Kalau kantor saya seperti ini, susah kerja kayaknya. Pingin nyiram-nyiram tanaman terus," kata Risma, dalam candaannya, seperti dilansir Antara, Kamis (28/11/2019).

Di taman pendopo yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi itu, Wali Kota Risma didampingi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas (istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas).

Keduanya pun tampak berbincang akrab penuh canda mengelilingi pendopo yang arsitekturnya dirancang arsitek Adi Purnomo itu. Sejak direvitalisasi dengan konsep hijau, pendopo berusia hampir 250 tahun itu telah berulang kali ditinjau oleh majalah arsitektur nasional dan internasional.

Risma dan Dani (sapaan akrab istri Azwar Anas), melihat rumah khas Suku Osing (rumah masyarakat asli Banyuwangi), yang terletak di halaman belakang pendopo.

Risma tampak mencermati detail rumah Suku Osing, yang fondasinya berupa susunan rangka empat tiang kayu. Rumah itu disusun tanpa satu pun paku, tetapi menggunakan pasak pipih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risma Puji

Risma juga memuji beberapa tanaman yang ada di Pendopo Kabupaten Banyuwangi. "Saya kira tanaman di sini sudah cukup, tak perlu banyak lagi. Saya benar-benar nyaman di sini. Sebenarnya saya sering dikasih cerita tentang Pendopo Kabupaten Banyuwangi, tapi baru kali ini bisa membuktikannya. Insyaallah saya pasti akan kembali ke sini," kata Risma.

Seusai berkeliling pendopo, Risma berkesempatan membasuh muka dan merasakan kesegaran air sumur Sri Tanjung yang terletak di belakang pendopo. Sumur berusia ratusan tahun itu menjadi asal-muasal nama Banyuwangi.

Dani Azwar Anas mengaku senang bisa dikunjungi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. "Beliau banyak tahu tentang pengelolaan ruang terbuka hijau, tentang taman, tadi saya sempat bertanya ada saran apa untuk Banyuwangi. Menurut Bu Risma, Banyuwangi sudah bagus, ini membuat kami bangga," ujar Dani.

Di sela kunjungannya, Risma juga sempat mencicipi kuliner tradisional khas Banyuwangi. Sejumlah oleh-oleh makanan tradisional khas Banyuwangi juga diberikan kepada Wali Kota Risma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.