VIDEO: Angin Kencang Terjang Lumajang dan Ngawi, Pohon hingga Tiang Listrik Tumbang

VIDEO: Angin Kencang Terjang Lumajang dan Ngawi, Pohon hingga Tiang Listrik Tumbang

Akibat diguyur hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu petang, pohon dan tiang listrik di empat titik di Lumajang, Jawa Timur tumbang. Akibatnya jalur penghubung Lumajang-Malang terpaksa dialihkan ke jalan alternatif, sehingga membuat kemacetan panjang.

Sementara itu, pasca diterjang angin kencang Minggu sore, aktivitas di sejumlah perkantoran di lingkungan pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur lumpuh total, serta satu warga dirawat di rumah sakit karena tertimpa pohon tumbang.

Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah kota Kabupaten Lumajang. Kencangnya angin membuat pohon dan tiang listrik roboh di empat titik di Lumajang. Di antaranya di Jalan Soekarno Hatta, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto dan jalan raya Klakah, Kabupaten Lumajang.

Di Jalan Soekarno Hatta saja, sedikitnya ada satu pohon dan empat tiang listrik nyaris roboh ke tengah jalan sepanjang 100 meter. Setelah aliran listrik dimatikan, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau TRC BPBD, bersama TNI-Polri dan petugas PLN langsung berupaya melakukan pembersihan pohon. Sementara arus lalu lintas penghubung Lumajang-Malang terpaksa dialihkan ke jalur alternatif sehingga membuat kemacetan panjang.

Sementara itu di Ngawi Jawa Timur, pasca diterjang angin kencang, halaman Kantor Pemerintah Kabupaten setempat porak poranda. Genteng atap Kantor Badan Keuangan Daerah dan Kantor Pelayanan Pajak rusak. Semua plafon di dua kantor tersebut juga ambrol.

Akibatnya, peralatan kantor seperti komputer, mesin pendingin ruangan, pesawat televisi, dan meja kursi rusak tertimpa material bangunan yang runtuh. Menghindari hal yang tidak diinginkan, dua kantor ini sementara waktu tidak digunakan. Angin kencang juga membawa korban. Seorang pedagang, Sunarno (57) warga Selopuro Ngawi, dirawat di rumah sakit, karena mengalami patah tulang tangan, akibat tertimpa pohon tumbang. Demikian diberitakan Liputan6, 26 November 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 November 2019, 16:09 WIB

Video Terkait

Spotlights