Sukses

10 Wisata Alam Ponorogo Terpopuler, dari Bukit Hingga Air Terjun Indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Ponorogo menyajikan berbagai keindahan yang menakjubkan. Ketika mendengar nama Ponorogo mungkin hal pertama yang terlintas di pikiran kamu adalah Reog Ponorogo. Tetapi, ternyata wisata alam Ponorogo tidak kalah menarik dari budayanya. 

Berbagai destinasi alam, seperti puncak perbukitan, air terjun, hingga telaga yang sangat indah bisa kamu temui di Ponorogo. Selain itu, tentu kamu bisa lebih senang saat berkunjung ke berbagai tempat wisata ini karena belum begitu banyak wisatawan yang tahu.

Wisata alam Ponorogo terdiri dari perbukitan dan air terjun. Berbagai wisata alam yang masih belum terlalu banyak pengunjungnya ini tentu bisa menjadi destinasi yang sangat menenangkan. Kamu bisa bersantai sejenak dan menghilangkan penat di Ponorogo.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019) tentang wisata alam Ponorogo

2 dari 6 halaman

Wisata Dataran Tinggi

Bukit Cumbri

Wisata alam Ponorogo yang pertama adalah Bukit Cumbri. Wisata alam Ponorogo yang satu ini terletak tepat di perbatasan antara kabupaten Ponorogo dengan kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian 638 mdpl. Di sini kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Untuk menyambangi tempat wisata Ponorogo yang satu ini, kamu perlu sedikit berusaha, Ya, sama dengan wisata perbukitan lainnya. Kamu perlu berjalan kaki cukup jauh untuk bisa menjangkau tempat ini. Namun kamu tak perlu khawatir, rute menuju tempat ini cukup mudah untuk ditempuh. Cocok untuk pendaki pemula.

Tumpak Pare

Ponorogo memiliki bentang alam dan lanskap yang sangat istimewa. Hal ini dibuktikan dengan menikmati wisata alam Ponorogo seperti berkunjung ke dataran tinggi. Salah satu diestinasi dataran tinggi antimainstream di Ponorogo yang perlu dikunjungi adalah Tumpak Pare.

Dari ketinggiannya, kamu bisa melihat alam Ponorogo yang berbukit dan hijau, serta deretan pepohonan di kejauhan yang sangat memesona. Ditambah dengan udara yang sejuk menambah keseruan saat berada di Tumpak Pare ini.

Tumpak Pare terletak cukup jauh dari pusat kota Ponorogo, tepatnya berada di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun. Biasanya membutuhkan waktu tempuh selama 1,5 jam. Lokasi ini juga sejalan dengan jalur menuju Gunung Gajah.

3 dari 6 halaman

Wisata Dataran Tinggi Lainnya

Gunung Gajah Ponorogo

Wisata alam Ponorogo berikutnya adalah Gunung Gajah. Kamu bisa menikmati keindahan alam Ponorogo dari puncak yang berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini memilih untuk berkemah. Bukan tanpa alasan, pengunjung kerap ingin menyaksikan pemandangan malam serta panorama matahari terbit yang sangat memukau.

Gunung Gajah sendiri terletak di Desa Gajah, Kecamatan Sambit. Untuk menuju lokasi ini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Ponorogo. Selama di perjalanan, kamu akan menemukan beragam tempat yang menawarkan pemandangan indah seperti Bukit Kiwil.

Gunung Masjid

Gunung Masjid ini juga dikenal dengan Bukit Teletubbies di Ponorogo. Lokasinya di Perhutanan, Pandak, Balong, Ponorogo, Jawa Timur.

Dengan puncak berbentuk kubah, kamu bisa melemparkan pandangan menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan karpet alami yang hijau ditambah udara sejuk yang segar menyihir siapapun yang datang untuk mengagumi ciptaan Tuhan ini.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Ponorogo Air Terjun

Air Terjun Sunggah

Setelah mengetahui beberapa wisata Ponorogo yang sangat indah dinikmati dari perbukitan, kini bergeser sedikit mencari yang segar-segar. Ya, tak hanya didominasi dengan perbukitan, di Ponorogo juga banyak wisata yang menyegarkan seperti beragam air terjun.

Salah satu wisata air terjun yang bisa dinimati di Ponorogo adalah air terjun Sunggah. Di sini kamu akan disajikan pesona alam yang masih natural dengan pemandangan alam yang segar.

Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan alam dengan nuansa hutan di sekitarnya. Selain itu, ada persawahan dengan sistem terasering yang menambah keunikan dari air terjun ini.

Air Terjun Kokok

Wisata alam Ponorog selanjutnya adalah Air Terjun Kokok. Air terjun dua tingkat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Ponorogo yang cukup populer sekarang ini. Lokasinya berada di Senarang, Temon, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur.

Lumrah jika melihat nuansa alam yang alami dari lingkungan sekitar air terjun ini. Belum lagi kontur air terjun yang bertingkat dengan air yang jernih dan sejuk. Kamu tidak hanya bisa mengagumi keindahan alam di sekitar air terjun ini, tapi juga menikmati dinginnya air dengan berenang di alirannya.

5 dari 6 halaman

Wisata Air Terjun Lainnya

Coban Lawe

Air terjun ini bisa dikatakan tersembunyi karen terletak di lereng Gunung Wilis, namun menawarkan pesona alam yang istimewa. Lokasinya ada di Desa Krisik, Pegunungan, Krisik, Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Selain air terjun yang mengesankan dengan debit air yang cukup deras, ditambah sejuknya air dan hijaunya pemandangan di sekitar membuat siapapun yang berkunjung ke air terjun ini bakal enggan pergi.

Air Terjun Pletuk

Satu lagi wisata alam Ponorogo yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan nuansa alam yang alami dan menakjubkan, yaitu air terjun Pletuk. Letaknya sedikit tersembunyi dan butuh sedikit usaha untuk bisa sampai ke lokasi.

Namun setibanya di air terjun ini, kamu akan disuguhi atmosfer alam yang natural dengan air terjun yang memiliki debit air yang deras serta pemandangan alam yang hijau. Selain mandi di aliran sungainya, kamu juga bisa melakukan aktivitas ekstrim seperti panjat tebing.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam Ponorogo Lainnya

Mloko Sewu

Yang tertarik mengunjungi tempat wisata alam Ponorogo yang lengkap dan menawarkan pesona alam yang istimewa dan spot berfoto yang indah, Mloko Sewu adalah destinasi yang kamu tepat. Lokasinya berada di Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Ada beragam pesona yang disajikan Mloko sewu, mulai dari kebun bunga matahari, rumah pohon, pintu langit hingga spot selfie dengan pemandangan Telaga Ngebel dari ketinggian, pastinya tidak boleh kamu lewatkan.

Telaga Ngebel

Walaupun banyak cerita mistis yang menyelimuti Telaga Ngebel sebagai salah satu wisata alam Ponorogo ini, namun pemandangan alam di sini sangat eksotis. Danau alami yang berada di kaki gunung Wilis ini menawarkan bentang alam yang mengesankan. Nuansa alam yang menenangkan jadi menghilangkan atmosfer mistis yang berasal dari cerita masyarakat sekitar.

Tempat wisata ini cocok buat kamu yang suka berburu foto dengan nuansa alam. Bagaimana tidak, panorama matahari terbitnya menjadi momen yang sangat mengagumkan. Kombinasi dari sinar matahari pagi dengan kabut tipis, membuat siapa saja berdecak kagum.

Loading