Sukses

Risma Ajak Orangtua Terus Kembangkan Talenta Anak Berkebutuhan Khusus

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar semarak Hari Disabilitas Internasional di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar semarak Hari Disabilitas Internasional di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) terus mendorong kemandirian anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Surabaya. Sebab, dia meyakini Tuhan itu adil dan tidak membeda-bedakan satu dan yang lainnya.

"Yang paling penting bagi anak-anak kita ini adalah bagaimana mereka bisa mandiri, makanya kita harus mengajarkan mereka mandiri," kata Risma.

Oleh karena itu, dia meminta kepada para guru dan kepala sekolah yang mengetahui ada ABK yang memiliki kelebihan khusus dan bakat khusus tapi tidak ada perawatannya, Risma meminta untuk segera dilaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan. Sebab, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu berkomitmen untuk mencukupinya.

"Kalau ada anak-anak kita yang memiliki kelebihan khusus, misalkan melukis, tolong diadakan pameran, nanti kita undang pengusaha-pengusaha untuk bisa membeli lukisan-lukisan itu. Kalau ada anak yang suka masak dan butuh peralatannya, saya siap mencukupi. Kalau ada talenta yang lainnya, saya akan berusaha mencukupi supaya mereka bisa mandiri," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Kebutuhan Khusus Punya Kelebihan

Saat itu, Risma juga menceritakan salah satu staf khusus presiden yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu, merupakan tuna rungu dan sempat berkenalan dengan Risma. Pada saat pertemuan itu, Risma tidak pernah menyangka bahwa dia tuna rungu karena sangat cantik dan bicaranya normal. 

"Saya tidak tahu kalau dia tuna rungu. Setelah saya ngomong, tidak sengaja saya menutup mulut saya, lalu dia bilang minta tolong jangan ditutupi mulutnya karena dia tidak tahu apa yang dibicarakan. Sekarang dia jadi staf khususnya presiden,” kata dia.

Menurut Risma, ini adalah salah satu contoh Tuhan adil dan tidak pernah membeda-bedakan satu dan yang lainnya. Bahkan, Risma meyakini  anak-anak yang berkebutuhan khusus itu masing-masing memiliki kelebihan, hanya saja manusia biasa tidak mengetahui maksud yang diinginkan oleh Tuhan.

"Anak-anak kita ini punya kelebihan, hanya kita manusia biasa yang tidak tahu apa yang sebetulnya yang diinginkan Tuhan untuk anak-anak kita. Oleh karena itu, para orangtua jangan berkecil hati, kalau mereka mendapatkan support dari kita, saya yakin mereka akan menjadi anak yang berprestasi. Ayo dikembangkan terus talenta mereka,” tegasnya.

Risma kembali memastikan sebagai orang normal, mungkin banyak orang menganggap ABK itu memiliki kekurangan. Padahal belum tentu seperti itu. 

"Justru kita sebagai orang yang katanya normal, mungkin tidak tahu. Karena tidak mungkin Tuhan menciptakan mereka kurang daripada kita, makanya saya minta untuk menyampaikan semua talenta yang dimiliki mereka harus kita dorong. Saya tidak tahu cari uang dari mana, tapi saya yakin bahwa akan banyak orang yang membantu untuk mengembangkan anak-anak ini,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.