Sukses

VIDEO: Berkat Usaha Kostum Superhero, Pria di Jombang Raup Untung Puluhan Juta

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari hobi, seorang pria di Jombang, Jawa Timur berhasil ciptakan kostum superhero dari bahan karet busa bernilai ekonomis tinggi. Bahkan kini ia kebanjiran order pembuatan kostum superhero, dari penggemar lokal hingga pecinta superhero mancanegara.

Beginilah kegiatan sehari-hari Rudi Hermawan Okto Priyono di rumahnya Jalan Halmahera, Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.  Dengan dibantu beberapa rekannya, ia membuat berbagai macam kostum superhero dari berbagai karakter film anime.

Sudah sejak enam tahun lalu ia memproduksi topeng, kostum, dan aneka aksesoris dari bahan karet busa. Seperti kostum monster dari beberapa film amerika, serial animasi jepang, kamen rider hingga banyak karakter film lainnya. Usaha yang digeluti sejak enam tahun lalu ini berawal hanya sekedar iseng dan hobinya melihat karakter superhero.

Namun, saat akan membeli kostum atau aksesoris untuk tokoh film tersebut sangatlah susah. Kalaupun dapat, harganya pun mahal sekali. Dari situlah ide kreatifnya muncul dan mencoba membuat sendiri dengan biaya lebih murah. Tak disangka, sejumlah cosplayer atau penghobi kostum superhero melirik produk buatannya karena hasilnya menyerupai aslinya.

Dalam satu karakter kostum lengkap ia bisa menjual hingga Rp 3 - 5 juta. Dalam sebulan ia mengaku bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah. Sebab kini cosplay buatannya, tak hanya dilirik dari pecinta lokal namun hingga ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Demikian diberitakan Liputan6, 28 November 2019.