Sukses

3 Taman Tersedia Perpustakaan hingga Lapangan Futsal di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan saja. Kota ini juga dikenal sebagai kota seribu taman. Pemerintah Kota Surabaya berupaya menambah ruang terbuka hijau (RTH) dengan menambah hutan kota dan taman-taman.

Pada 2019, ada sekitar 70 taman baru di Surabaya. Taman tersebut antara lain di Surabaya Barat ada empat taman, Surabaya Utara ada 10 taman, Surabaya Selatan ada 16 taman,  Surabaya Timur ada 26 taman, dan Surabaya Barat ada 14 taman. Demikian mengutip instagram @surabayasparkling, Senin (2/12/2019).

Keberadaan taman di kota ini dapat bermanfaat untuk tempat tujuan wisata, berkumpul bersama keluarga, teman, dan sekadar melepas penat dari rutinitas kota. Sebelum ada taman-taman baru ini, ada taman-taman memiliki ciri tertentu. Salah satunya Taman Ekspresi yang memiliki taman bacaan. Jadi tidak hanya dapat hirup udara segar dan melihat pemandangan hijau tetapi juga menambah pengetahuan dengan membaca.

Berikut sejumlah taman yang dapat menjadi pilihan untuk berwisata, berolahraga atau melepas lelah dengan melihat pemandangan hijau, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1.Taman Prestasi

Taman ini berada di Jalan Ketabang Kali Nomor 6. Di sini Anda dapat menemui beragam bunga dan tanaman yang menambah hijau pemandangan dan asri. Bila Anda berwisata air juga dapat dilakukan di taman ini. Lantaran taman ini dekat dengan Sungai Kalimas yang dilengkapi wisata air.

Taman ini dibuka dari pukul 09.00-21.00 WIB dan tidak dipungut biaya masuk. aman ini memiliki lahan mencapai luas 6.000 meter persegi. Taman ini juga menjadi salah satu taman yang paling populer di Surabaya. Taman Prestasi dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Lokasi taman ini berada di pusat kota, sehingga hal itu menjadi alasan bagi banyak orang untuk mengunjunginya.  Nama Taman Prestasi itu sendiri mungkin berasal dari beberapa replika penghargaan yang ada di sini.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Kota Surabaya. Replika penghargaan itu diletakkan di titik tertentu di taman, antara lain Kota Raya Terbersih 1992, dan Wahana Tata Nugraha 1992.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan berbagai fasilitas umum di taman ini, antara lain arena bermain. Di arena tersebut, anak-anak dapat bermain seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan area bermain pasir pantai.

Selain itu, taman ini dilengkapi akses free WiFi, pengunjung juga bisa menikmati wisata perahu naga dan perahu dayung yang menyusuri Kalimas. Selanjutnya, ada fasilitas panggung terbuka dan panggung teater atau hiburan.

2 dari 3 halaman

Taman Ekspresi

2. Taman Ekspresi

Taman ini terletak di Jalan Genteng Kali Nomor 67. Taman ini berada di samping Sungai Kalimas. Di taman ini, Anda dapat menemui sejumlah replika karya seni yang terbuat dari barang bekas. Di taman ini, ada sejumlah tanaman yang ditanam yaitu asem jawa, bamboo filipin, bambu beringin, bungur, cemara angin dan lainnya.

Tak hanya itu saja, taman ini juga dilengkapi perpustakaan. Jadi Anda bisa menikmati suasana hijau sambil membaca di perpustakaan.

3. Taman Bulak

Pemerintah Kota Surabaya berupaya mengembangkan pesisir utara Surabaya, salah satunya dengan membangun taman. Salahh satunya Taman Bulak.

Taman ini berada di pesisir pantai yang terletak di Jalan Abdulatif Nomor 17. Taman ini dapat menjadi tempat santai bersama keluarga. Taman ini juga menyediakan taman bermain. Selain itu juga dilengkapi lapangan futsal. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dan gratis.

Di taman ini juga terdapat sungai buatan yang membelah taman menjadi dua bagian. Sungai buatan ini dibuat memanjang sekitar 15 meter dengan jembatan penghubung serta air mancur di beberapa titiknya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN
Artikel Selanjutnya
Unusa AFC Bakal Dukung Program One Pesantren One Product Jawa Timur