Sukses

Jelajahi 12 Taman di Surabaya Pakai Suroboyo Bus

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur dikenal juga sebagai kota seribu taman. Pemerintah Kota Surabaya giat untuk meningkatkan luas ruang tata hijau, salah satunya dengan membangun taman-taman.

Berdasarkan data Pemkot Surabaya, jumlah taman di Surabaya mencapai 475 taman baik taman aktif dan pasif. Komposisi taman itu sekitar 318 taman merupakan taman pasif dan 157 taman merupakan taman aktif. Kini luas taman kota di Surabaya mencapai 141,03 hektar atau sekitar 0,42 persen dari luas kota Surabaya mencapai 33,451,00 hektar.

Jika Anda ingin mengunjungi taman-taman di Surabaya ini juga bisa pakai kendaraan pribadi dan umum. Bila pakai transportasi umum, Pemkot Surabaya sudah menyediakan Suroboyo Bus. Bus ini cukup unik lantaran cara pembayarannya yang memakai sampah.

Masyarakat bisa membayar dengan tiga botol besar air mineral atau lima botol tanggung air mineral. Atau dapat juga 10 gelas air mineral yang bisa ditukar dengan satu tiket berdurasi dua jam perjalanan.

Dengan itu, Anda bisa berkeliling mengunjungi taman-taman di Surabaya. Bus ini memiliki rute yang melewati12 taman  Ingin eksplorasi taman di Surabaya dan ke taman mana saja Suroboyo Bus melintas? Berikut ulasannya seperti dikutip dari instagram @suroboyobus dan berbagai sumber lainnya:

1. Taman Bungkul (Halte Museum BI)

Taman yang berada di jalan protokol di Surabaya ini mempunyai luas 900m2.  Letak taman ini di Jalan Darmo. Nam ataman ini berasal dari tokoh sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya yaitu Ki Ageng Supo yang kemudian mendapat gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul.

Makam Sunan Bungkull ini terdapat di belakang taman dan menjadi tempat bagi para peziarah. Taman ini diresmikan pada 21 Maret 2007 dan berkonsep sport, education, dan entertainment.

2. Taman Wira Agung (Halte Joyoboyo)

Taman ini berada di area monumen wira surya agung yang terletak di Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo.

3. Taman Ronggolawe (Halte Joyoboyo)

Mengutip Surabaya.go.id, di Jalan Gunungsari terdapat Monumen Ronggolawe, pertanda Surabaya mempunyai seorang pahlawan yang pemberani dan mempunyai jiwa kepahlawanan yang tinggi.

Area monumen tersebut dijadikan taman bermain untuk umum. Setelah pembenahan, taman itu kian dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Di taman itu, terdapat pohon yang rindang dan tempat bermain anak-anak. Disediakan juga tempat futsal untuk bermain bola.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Taman Pelangi

4.Taman Mayangkara (Halte Ketintang)

Taman Mayangkara terletak di Darmo, Kecamatan Wonokromo. Suroboyo Bus juga melintas di taman ini.

5. Taman Pelangi (Halte Taman Pelangi)

Taman ini berada di Jalan Ahmad Yani (Dolog). Suroboyo bus juga melewati taman ini. Disebut Taman Pelangi karena taman ini memiliki konsep pelangi malam hari dan penyejuk siang hari. Pilar-pilar yang berdiri miring dan berwarna warni pada malam hari, menjadi daya tarik tersendiri dari taman ini

6.Taman Sejarah (Halte Jembatan Merah)

Seperti namanya, Taman Sejarah ini menjadi saksi bisu dari sejarah pemberontakan Arek-Arek Suroboyo dengan pasukan Inggris yang berujung pada tewasnya seorang jenderal Inggris yang bernama Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby. Dengan menggunakan Suroboyo Bus, Anda bisa mengeksplorasi dan mengunjungi taman bersejarah ini.

7.Taman Apsari (Halte Gubernur Suryo)

Suroboyo Bus juga melewati Taman Apsari. Taman ini berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Taman Apsari.

Di sekelilingnya terdapat Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur (Gedung Grahadi), Patung Joko Dolog, dan kantor pos. Selain itu, konsep dari taman ini adalah perjuangan, maka di area pintu masuk utama terdapat patung Gubernur Suryo.

8. Taman Bambu Runcing (Halte Panglima Sudirman)

Surabaya dikenal dengan Kota Pahlawan. Pahlawan selalu berkaitan dengan bamboo runcing. Di Surabaya terdapat monumen bambu runcing yang berdiri kokoh di Jalan Panglima Sudirman. Ada waktu tertentu ketika monumen bambu itu mengeluarkan air. Jadi, Anda jangan melewatkannya ketika naik Suroboyo Bus.

3 dari 3 halaman

Taman Surya

9.Taman Prestasi (Halte Balai Kota)

Suroboyo Bus juga melintasi Taman Prestasi yang ada di Jalan Ketabang Kali. Taman ini dikenal dengan “oase di tengah kota”. Di taman seluas 6.000m2 ini terdapat 21 jenis tanaman. Di taman ini juga terdapat beberapa replika yang pernah didapat oleh Kota Surabaya. Taman ini cocok untuk melepas penat.

10. Taman Surya (Halte Balai Kota)

Taman ini berada di sekitaran Balaikota Surabaya. Dengan Suroboyo Bus, Anda dapat berkeliling melihat Taman Surya sekaligus Balai Kota Surabaya ini.

11. Taman Keputran (Halte Urip Sumoharjo)

Taman ini menghadap langsung ke Sungai Kalimas dengan lampu warna-warni. Taman ini berada menyatu dengan Kalimas di Kawasan Keputran.

12. Taman Lalu Lintas (Halte Urip Sumoharjo)

Terakhir, Suroboyo Bus melintasi taman yang berada di Jalan Karimun Jawa, yaitu Taman Lalu lintas. Sesuai dengan namanya, taman ini mempunyai banyak rambu-rambu lalu lintas untuk edukasi.

 

(Shafa Tasha Fadilla-Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.