Sukses

Nama Desa dan Sekolah Unik di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Timur (Jatim), provinsi yang ada di bagian Timur Pulau Jawa. Ibu kotanya terletak di Surabaya. Jawa Timur memiliki luas wilayah sebesar 47.799.75km2. Terdiri dari 29 kabupaten membuat Jawa Timur memiliki banyak desa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, jumlah desa di Jatim sekitar 5.717 desa.

Setiap desa pasti mempunyai nama berdasarkan daerah dan sejarah yang ada di desa tersebut. Namun, Jawa Timur mempunyai desa yang namanya unik dan terkesan nyeleneh.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membagikan beberapa nama  desa dan sekolah di Jawa Timur yang unik dan nyeleneh dalam akun instagram pribadinya @khofifah.ip. Unggahan Khofifah tersebut pun mengundang beragam komentar dari warganet. Penasaran nama desa dan sekolah apa saja yang unik itu? Yuk simak ulasannya:

1. Desa Pocong

Desa ini bernama Desa Pocong, seperti  diketahui pocong adalah jenazah yang dibalut menggunakan kain kafan.

2. Desa Pacar Peluk

Yang ini sedikit nyeleneh, ya. Desa ini dinamakan Desa Pacar Peluk, terdapat di Kecamatan Magaluh, Jawa Timur, lho.

3.  SD Negeri Nglawak III

Kali ini adalah nama SD yang unik, yaitu SD Negeri Nglawak III. SD ini terletak di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Seperti diketahui, nglawak dalam bahasa Jawa artinya bercanda. Apakah orang di Desa Nglawak ini suka bercanda?

4. Desa Piton

Seperti jenis ular, desa ini mempunyai nama Desa Piton.

5. Kecamatan Dukun

Kecamatan yang satu ini mempunyai nama yang unik, Kecamatan Dukun. Seperti yang kita ketahui, Dukun adalah orang yang dianggap mempunyai ilmu lain yang tidak semua orang punya. Kecamatan ini berada di Kabupaten Gresik, Lho.

6. Desa Medali

Selanjutnya, ada desa yang mempunyai nama unik, yaitu Desa Medali.  Desa Medali berada di Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. SD Negeri Kolor II No 07

Nama SD di Jawa Timur ini sangat nyeleneh, yaitu SDN Kolor. Yang kita kenal sehari-hari, kolor adalah sebutan untuk celana pendek. SD ini terletak di Sumenep, Jawa Timur.

8. SDN MALINGMATI II No.517

Kali ini, ada sekolah dasar bernama SDN MALING MATI II. SD ini berada di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. SD ini nyeleneh sekali, ya, namanya.

9. SDN GELAP

Di Kabupaten Lamongan, tepatnya di Kecamatan Laren terdapat SD yang bernama SDN GELAP. Unik sekali namanya, ya?

10. SDN MONTOK II

SD negeri di Larangan ini mempunyai nama yang nyeleneh, yaitu SDN MONTOK II. Seperti yang tercatat di KBBI, montok mempunyai arti gemuk berisi; gemuk padat; sintal.

11. Desa Gadungan

Salah satu nama desa yang unik di Jawa Timur adalah Desa Gadungan. Desa Gadungan terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jadi, desa ini asli atau gadungan?

12. SDN SUMBERDUKUN

SD yang satu ini tak kalah nyeleneh! Di Kabupaten Magetan terdapat SD yang bernama SDN Sumber dukun.

 

(Shafa Tasha Fadilla-Mahasiswa PNJ)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Dinas Pendidikan Jawa Timur Dampingi Sekolah Terkait USBN
Artikel Selanjutnya
Unusa AFC Bakal Dukung Program One Pesantren One Product Jawa Timur