Sukses

VIDEO: Kakek di Tuban Hidup dengan Kambing Peliharaan dalam Gubuk

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kakek di Kabupaten Tuban, Jawa Timur hidup sebatang kara dengan berteman kambing satu-satunya. Bahkan, kakek ini belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, meski kondisinya makin tua dan sakit-sakitan. Karena setiap hari hidup bersama ternaknya di gubuk reyot peninggalan orang tuanya.

Kondisi Mbah Roto (52), warga Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, hidup sebatang kara di dalam gubuk reyot. Kakek yang menderita sakit pada kedua kakinya itu, hanya berteman dengan hewan ternaknya sebagai harta satu-satunya. Berikut kita simak videonya pada Fokus, (4/12/2019).

Mbah Roto yang belum pernah menikah ini, sebelumnya hidup bersama orangtuanya yang 15 tahun lalu meninggal dunia. Sehingga kini Mbah Roto hidup di gubuk reyot, berdindingkan anyaman bambu yang mulai rapuh. Kondisi lingkungan rumah seperti itu, membuat Mbah Roto sering sakit.

Mbah Roto juga belum pernah menerima bantuan apapun, laiknya warga kurang mampu lainnya. Kondisi Mbah Roto yang sakit membuatnya tidak lagi bisa bekerja, sedangkan untuk makan sehari-hari hanya menunggu belas kasihan warga dan saudaranya yang tinggal tidak jauh dari gubuknya.

Kambing yang hidup bersama dalam satu rumah membuat warga enggan datang ke rumah Mbah Roto. Kini ia yang sakit-sakitan hanya dapat duduk di depan rumahnya, sembari bercengkerama bersama kambing tersebut, seolah berbagi cerita kehidupannya sehari-hari.

Melihat kondisi Mbah Roto seperti itu, Ketua RT di Tuban telah mengusulkan bantuan seperti bedah rumah, namun hingga kini belum ada respons. Sehingga dirinya tidak dapat berbuat lebih.

Meski demikian, pihaknya akan terus memperjuangkan, agar Mbah Roto bisa segera dapat bantuan. Warga berharap Mbah Roto segera mendapat uluran tangan pemerintah, agar lebih sejahtera.