Sukses

10 Tempat Wisata di Pamekasan Madura, dari Alam Hingga Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Pamekasan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Madura di selatan, Kabupaten Sampang di barat, dan Kabupaten Sumenep di timur. Pamekasan bisa ditempuh kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari tol Suramadu. Pamekasan memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dikunjungi. 

Pilihan tempat wisata pun beragam, mulai dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga sejarah. Destinasi ini bisa jadi pilihan menarik untuk rekreasi.

Jika kamu mengunjungi Pamekasan, jangan lewatkan tempat wisata ini. Berikut 10 tempat wisata di Pamekasan Madura, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(6/12/2019).

 

2 dari 6 halaman

Pantai Talang Siring dan Pantai Jumiang

Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring berada di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Di sini kamu bisa menikmati hijaunya hutan mangrove di sepanjang pesisir pantai. Pantai ini juga tak pernah sepi dari aktivitas nelayan yang hendak melaut.

Pantai Jumiang

Pantai Jumiang berada di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Pantai ini merupakan tujuan wisata favorit di Pamekasan. Pantai ini terletak di dataran tinggi yang indah. Dari pantai ini kamu bisa melihat pesona pasir putih dan tebing karang yang terjal. Di sini kamu juga bisa bersantai menyaksikan sunset di sore hari.

3 dari 6 halaman

Wisata unik

Api Tak Kunjung Padam

Pamekasan memiliki wisata unik yang disebut Api Tak Kunjung Padam. Wisata langka ini berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Keunikan dari wisata api tak kunjung padam ini adalah semburan api yang berasal dari bawah permukaan tanah atau perut bumi. Hebatnya, meski diguyur air api di sini akan tetap menyala.

Bukit Waru

Bukit Waru terletak di antara Desa Waru Barat dan Waru Timur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Bukit ini merupakan bukit batu yang cukup hits. Dari bukit ini kamu bisa menyaksikan panorama alam pamekasan yang asri dan memesona. Ada beberapa gua juga yang bisa dikunjungi dikawasan ini.

4 dari 6 halaman

Air terjun

Air Terjun Durbugen

Air Terjun Durbugen terletak di Kelurahan Kowel, Pamekasan. Air terjun ini menawarkan panorama air yang jatuh dari tebing dengan bebatuan yang terbentuk alami. Di kawasan ini terdapat dua air terjun yaitu Air Terjun Palesteran dan Air Terjun Durbugen. Akses menuju Air terjun sangat mudah dijangkau sehingga menjadi destinasi favorit untuk rekreasi.

Air Terjun Ahatan

Air terjun Ahatan berada di Dusun Ahatan, Desa Tlonto Raja, Pasean, Pamekasan. Tak seperti Air Terjun Durbugen yang mudah dijangkau, untuk menuju lokasi Air Terjun Ahatan cukup menantang karena kondisinya yang curam. Namun, keindahan alamnya yang asri akan membayar semua tantangan tersebut.

5 dari 6 halaman

Gua dan kampung wisata

Gua Blaban

Gua Blaban terletak di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batu, Pamekasan. Gua ini baru ditemukan pada 2015 silam. Gua ini memilik rongga bebatuan yang mengkilap seperti emas. Di sini kamu bisa menemukan indahnya stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami.

Kampung Toron Samalem

Kampung Toron Samalem berada di Dusun Toron Smalem, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan. Dulunya kawasan ini merupakan bekas tambang batu bara. Kini lokasi ini dijadikan sebagai kawasan wisata. Di sini terdapat rumah mini terbuat darikayu dan rumbia. Objek ini menjadi tempat hits di kalangan wisatawan.

6 dari 6 halaman

Wisata sejarah

Situs Sejarah Makam Ronggosukowati

Situs Sejarah Makam Ronggosukowati terletak di Kolpajung Kabupaten Pamekasan kira-kira 1 Km sebelah utara alun-alun Kota Pamekasan. Situs ini merupakan komplek makam Pangeran Ronggo Sukowati dan Keluarganya. Ronggosukowati merupakan raja Islam pertama dan pendiri Kabupaten Pamekasan. Situs Pangeran Ronggo Sukowati merupakan komplek pemakaman Islam tertua di pamekasan termauk juga di wilayah Madura.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara berada di Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, sekitar 14 kilometer sebelah timur Kota Pamekasan. Vihara ini sudah berdiri sejak 14 Masehi. Vihara Avalokitesvara Pamekasan yang juga merupakan TITD (Tempat Ibadah Tri Darma) Kwan Im Kiong. Uniknya, di tengah kawasan ini terdapat mushala dan pura yang dianggap sebagai simbol kerukunan umat beragama.